spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pameran Virtual Kewirausahaan Pengusaha Pemuda Ciamis, Upaya Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi

    CIAMIS, FOKUSJabar.id :- Pengusaha muda Ciamis gelar Pameran Virtual Kewirausahaan untuk kembali membangkitkan perekonomian yang lesu terdampak virus corona.

    Pameran Virtual Kewirausahaan tersebut diikuti oleh pengusaha muda yang menjalankan usahanya di Ciamis dan memiliki karyawan sekitar 400 orang.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, sebenarnya pameran virtual tersebut seperti pameran biasa, namun karena digelar pada masa pandemi Corona Virus maka dilakukan dengan metode virtual.

    BACA JUGA : Pemohon Layanan Uji Mutu Kopi Indag Jabar Terus Meroket

    “Ini merupakan gagasan kami untuk merangsang anak muda supaya berkreasi dan berinovasi di bidng kewirausahaan. mengenai hadiah, tidak seberapa dibanding dengan hasil yang telah diperoleh para peserta,” kata Erwan, di sela acara Kamis (12/11/2020).

    Dikatakan maksud kegiatan pameran virtual untuk membangun semangat wirausaha dan mengembangkan inovasi wirausaha muda di Kabupaten Ciamis.

    Ia menyampaikan para pengusaha muda Ciamis telah mampu menyerap kurang lebih 400 orang pekerja dengan pemasaran sudah sampai ke luar negeri dan omset mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

    Melihat para pengusaha muda Ciamis saat ini, saya optimis mereka dapat mengembangkan perekonomian dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Ciamis.

    “Pada kesempatan ini saya sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi, dari dulu inilah yang kita harapkan. Dengan melihat pencapaian saat ini saya sangat optimis dengan pengusaha pemuda di Kabupaten Ciamis,” kata Herdiat.

    Menurutnya, karakter para pemuda Ciamis salah satunya yaitu pantang menyerah dan visioner, itulah yang menjadikan alasan keberhasilan dan kemajuan pemuda di Kabupaten Ciamis.

    “Saya sangat apresiasi pemuda Kabupaten Ciamis yang memiliki semangat juang yang luar biasa, Kami Pemerintah Daerah tidak ada apa-apanya jika tanpa Pemuda,” katanya.

    Herdiat mengatakan semangat wirausaha para pemuda merupakan pondasi yang luar biasa dan patut dikembangkan serta dipelihara. Ini terbukti dengan pembatasan kegiatan dan kewajiban menjalankan protokol kesehatan, pengusaha muda Ciamis tetap mempromosikan produk mereka melalui Pameran Virtual.

    “Sepatutnya dengan adanya pandemi Covid-19, ini adalah peluang yang luar biasa bagi masyarakat untuk memakai atau menggunakan produk lokal, tinggal kita berpikir bagaimana meningkatkan lagi packagingnya dan marketingnya,” kata Herdiat..

    Herdiat mengatakatan terkait perijinan usaha di Kabupaten Ciamis agar lebih dipermudah, sebagai upaya bagi para pengusaha muda dalam mengembangkan usaha.

    “Retribusi tentang perizinan usaha jumlahnya tidak lebih dari 1 miliar, ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dampak yang akan ditimbulkan yakni bangkitnya perekonomian serta pertumbuhan ekonomi Ciamis,” kata Herdiat.

    Bupati Ciamis meminta para dinas terkait untuk bekerjasama bahu-membahu membimbing para pengusaha muda Ciamis agar dipermudah dalam memberikan perijinan usaha.

    “Kalau bisa, ijin usahanya lebih dipermudah serta dibantu dan diterima dengan ramah, apalah artinya satu miliar ketimbang pengusaha susah untuk mengembangkan usahanya,” kata dia.

    Bupati berpesan agar seluruh masyarakat khususnya para pengusaha muda untuk lebih meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Ciamis.

    “Dengan bekerja sama bahu-membahu terutama pengusaha muda, mari kita wujudkan impian Kabupaten Ciamis lebih baik, lebih maju dan sejahtera. Mudah-mudahan Ciamis bisa menjadi gemah ripah loh jinawi,” katanya.*(Deni Hamdani).*

    Berita Terbaru

    spot_img