spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Jalani Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Ini Panduan Praktisnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gaya hidup sehat menjadi tuntutan pada masa pandemi Covid-19 meski dari sisi ruang gerak dalam beraktivitas menjadi terbatas. Banyak jalan menuju Roma dan banyak cara juga untuk tetap beraktivitas sekaligus menjalani gaya hidup sehat dengan tetap menjalani anjuran pemerintah dengan berada di rumah.

    Gaya hidup sehat dan aktif, tak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh. Tapi juga memperbaiki suasana hati serta imunitas tubuh yang diperlukan ditengan pandemi saat ini.

    Seperti dikutip dari tempo.co, dokter spesialis gizi klinik Juwalita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi memberikan beberapa panduan yang harus dilakukan untuk tetap menjaga gaya hidup aktif selama beraktivitas.

    1. Cukupi kebutuhan energi harian
    Dokter dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia ini mengatakan, semakin banyak aktivitas fisik maka kebutuhan akan sumber energi pun semakin banyak.

    Dari sisi jumlah, kebutuhan energi setiap individu pasti berbeda-beda. Hal itu didasarkan pada usia, jenis kelamin, tinggi, berat badan, hingga aktivitas fisik yang dijalani.

    Yang harus diperhatikan adalah pola makan teratur dan ideal. Terdiri dari tiga kali makan utama dan dua kali selingan atau camilan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Dampingi juga dengan asupan gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi.

    “Jadi yang perlu diperhatikan dari gaya hidup sehat, termasuk di antaranya nutrisi yang dikonsumsi agar bisa mencakup semua kebutuhan gizi makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dan gizi mikronutrien (vitamin dan mineral),” kata Juwalita.

    Juwalita pun mengingatkan, makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak berarti hanya untuk mencukupi kebutuhan kalori. Namun harus juga memenuhi makronutrien maupun mikronutrien penting.

    2. Pahami kandungan makanan yang dikonsumsi
    Gunakan panduan piring makan dalam memilih makanan. Yaitu setengah dari piring harus mengandung sayuran atau buah-buahan, seperempatnya diisi dengan protein dan seperempat lain mengandung karbohidrat.

    fokusjabar.id gaya hidup sehat covid-19
    Pedoman Gizi Seimbang (PGS). (FOTO: WEB)

    Kemenkes RI pun mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang berisi manfaat makanan sehat bagi tubuh, panduan makan sehat, ditambah panduan pola hidup sehat. Seperti aktivitas fisik dan kebersihan diri.

    Agar asupan protein tercukupi, lanjut Juwalita, konsumsi makanan seperti ikan, ayam, telur, daging, dan susu. Protein merupakan salah satu makronutrien yang menjadi komponen utama pembentuk otot dan jaringan tubuh. Sekaligus membentuk hormon, enzim, dan hemoglobin yang penting dalam berbagai fungsi dalam tubuh.

    2. Olahraga dan istirahat cukup
    Tak hanya mengonsumsi jenis makanan di atas, olahraga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Usahakan bangun dari tempat duduk setiap 2 jam sekali untuk berjalan di sekitar rumah dan berolahraga ringan.

    Istirahat dan tidur yang cukup pun penting dilakukan. Remaja dan orang dewasa, dianjurkan tidur selama 7 jam sehari untuk bisa mempertahankan imunitas tubuh.

    3. Minum susu
    Susu merupakan salah satu alternatif sumber nutrisi penting yang membantu memenuhi kebutuhan protein. Ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, khususnya di kondisi yang tidak menentu dan masih rentan penyakit saat ini.

    fokusjabar.id gaya hidup sehat covid-19
    Susu merupakan salah satu alternatif sumber nutrisi penting yang membantu memenuhi kebutuhan protein. (FOTO: WEB)

    “Susu dan berbagai minuman yang mengandung susu dapat membantu melengkapi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh. Saat kita diharuskan tetap berada di rumah, sangat penting untuk tetap aktif dan berolahraga untuk tetap menjaga kesehatan. Karena itu, susu jadi solusi praktis untuk menambah nutrisi yang terbuang selama beraktivitas,” Juwalita menambahkan.

    BACA JUGA: Ini Tips Olahraga di Rumah Ala Ade Rai di Tengah Pandemi Corona

    Mudah bukan menjaga gaya hidup sehat dengan tidak harus beraktifitas di luar rumah. Tak hanya penting untuk menjaga kita agar tidak terpapar virus corona, tapi juga membuat lebih sehat dan tidak terlalu membosankan saat berada di rumah.

    Yuk mencobanya dan tetap sehat selalu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img