Kamis 22 Oktober 2020

Wali Kota Bandung Ancam Tutup Bioskop Pelanggar Protokol Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung, Jabar, Oded M Danial mengancam akan menutup bioskop yang telah direlaksasi jika tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan sering mencuci tangan.

Meski sudah dibuka, menurutnya, kunjungan orang yang ingin menonton masih rendah.

“Kalau ada yang melanggar kita tutup (bioskop),” kata Wali Kota Bandung,  di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Jabar Senin (12/10/2020).

Baca Juga: Dishub Jabar: 7 Terminal Belum Diserahkan Pengelolaannya

Dijelaskannya,  proses kajian terhadap permohonan pelaku usaha mengenai pembukaan bioskop sudah dilakukan cukup lama bahkan selalu dilakukan evaluasi rutin.

Menurutnya, tiap relaksasi yang dilakukan selalu memakai prinsip kehati-hatian. Oleh karena itu, tiap pihak yang mengajukan permohonan relaksasi selalu ditinjau dan dilakukan simulasi terlebih dahulu bagian dari upaya pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Komunitas ekonomi mengajukan (permohonan relaksasi), kemudian ada syarat dan simulasi. Saya kira ini bentuk kehati-hatian kita mudah-mudahan diindahkan, kami relaksasi tapi tetap dievaluasi,” kata Wali Kota Bandung. 

Lebih lanjut Oded mengatakan, jika didapati masyarakat yang terpapar Covid-19 di bioskop maka tidak segan untuk ditutup. Sebab, para pengelola bioskop sudah membuat pernyataan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Oded mengatakan, bioskop telah dibuka namun belum banyak masyarakat yang menonton diperkirakan karena takut pandemi Covid-19. Ia pun mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Menurut evaluasi, sekarang sudah dibuka (bioskop). Belum banyak masyarakat (nonton), takut. Walaupun pun sudah direlaksasi masyarakat lebih paham, jangan nonton dulu, di rumah nonton tv dulu,” ucap Wali Kota Bandung. 

Sementara itu ditempat terpisah, Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf mengungkapkan, dibuka kembali bioskop merupakan taruhan bagi Pemkot Bandung di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, bioskop bukan sektor yang prioritas untuk dibuka kembali saat Bandung masuk status zona merah.

“Tapi sekarang misalnya percaya dulu pada Pemkot Bandung untuk menjamin bahwa bioskop akan aman, itu bagian dari pengujian oleh Pemprov Jabar jangan buru-buru di tanggapi negatif itu bisa juga sebagai kebijakan, pengujian dan kepercayaan bahwa dia tidak main-main untuk buka bioskop dan kaitanya dengan Covid-19,” ungkap Asep.

Sebelumnya, Pemkot Bandung memberikan izin kepada 9 bioskop untuk buka kembali di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Diperketat pada (9/10/2020)kemarin. Padahal, Bandung telah dinyakatan masuk zona merah tingkat kewaspadaan Covid-19 oleh Pemprov Jabar.

(Yusuf Mugni/Bambang)

Artikel Lainnya

Samsung Galaxy Tab A7 Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Samsung resmi meluncurkan tablet terbaru bernama Galaxy Tab...

Adira Kreatif Lokal Award 2020 masuki Babak Final

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sudah hampir dua bulan menjalani penjaringan dan proses seleksi, Festival Kreatif Lokal Award 2020 kini memasuki babak final. Saat ini tersisa 30 UKM terbaik yang...

Prof. Endang: Belajar Tanpa Henti Kunci Sukses dalam Kehidupan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Prof. Endang Danial merupakan salah satu guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang memasuki masa pensiun dan akan mengakhiri masa baktinya. Dalam pidato...

Puncak Pasir Dalem Jaksa Tempat Wisata Baru di Ciharalang Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puncak Pasir Dalem Jaksa yang berada di atas perkampungan Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis Jabar akan dijadikan tempat wisata alam...

Akibat Hujan Deras, Rumah di Ciamis Ambruk

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya membuat rumah yang dihuni oleh Solihin Tarman di Lingkungan Kalapajajar Ambruk, Rabu (21/10/2020) dini...

Wisatawan ke Kota Bandung Bakal Meningkat Pada Cuti Bersama Nanti

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari menargetkan, menjelang cuti bersama pada 28-30 Oktober 2020 mendatang kunjungan hotel bisa...

Mengenal 5 Kategori jenis Asuransi Kesehatan Yang Beredar Di Indonesia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebutuhan akan biaya kesehatan yang semakin membukit kian membuka mata warga Indonesia akan penggunaan asuransi. Meski terbagi dalam berbagai macam jenis, ternyata tidak...