spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Duh, 5 Jenis Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Sembelit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menyantap makanan enak pasti menjadi keinginan semua orang. Namun jangan salah, tak semua makanan enak memberikan manfaat yang baik bagi tubuh tapi justru membuat masalah pada percernaan.

    Salah satu permasalahan percernaan adalah sembelit atau sulit buang air besar (BAB). Banyak faktor yang membuat kita susah BAB, selain karena cairan tubuh yang kurang, juga bisa diakibatkan karena makanan yang dikonsumsi.

    Sakit perut, feses terasa keras, bahkan sampai mengeluarkan darah saat BAB menjadi akibat salah mengkonsumsi makanan. Meski itu makanan yang kita anggap enak.

    Dikutip dari Beautynesia.id, berikut lima makanan enak yang ternyata bisa mengakibatkan sembelit.

    Lima Makanan Enak yang Mengakibatkan Sembelit:

    1. Gorengan

    fokusjabar.id makanan enak
    Gorengan. (FOTO: WEB)

    Siapa yang tak pernah makan gorengan. Jenis makanan ini, bisa disebut, menjadi makanan favorit banyak orang pada saat ini. Meski menyukainya, cobalah untuk mengontrol jumlah asupan yang dikonsumsi.
    Ternyata, semua makanan yang digoreng terutama dengan minyak yang sudah digunakan beberapa kali, mengandung lemak jenuh yang sangat lambat dicerna. Hal inilah yang bisa memicu permasalahan sembelit jika terlalu banyak mengonsumsinya.

    2. Minuman Manis

    fokusjabar.id makanan enak
    Minuman manis. (FOTO: Ilustrasi/WEB)

    Saat cuaca panas dan haus, meminum minuman manis pasti akan sangat menyegarkan. Tapi harus juga diingat, terlalu banyak mengonsumsinya bisa memicu penyakit jantung dan diabetes.
    Tak hanya itu, inuman manis pun bisa berdampak buruk pada pencernaan. Jadi, batasilah untuk mengonsumsi soft drink, teh, jus kemasan, minuman sachet, dan juga es krim.

    3. Produk yang Terbuat Dari Susu

    Kebanyakan orang menyukai produk-produk olahan susu. Mulai dari keju, es krim, dan berbagai produk lainnya. Tapi, makanan enak dari produk olahran susu ini ternyata menjadi salah satu penyebab sembelit lho!

    fokusjabar.id makanan enak
    Produk olahan susu. (FOTO: WEB)

    Alasannya, produk yang terbuat dari susu mengandung lemak yang tinggi dibandingkan dengan jumlah seratnya. Karena itu, konsumsilah makanan ini secukupnya agar kamu tidak mengalami sembelit.

    4. Daging Merah

    Daging merah sebenarnya bukan penyebab spesifik masalah sulit BAB. Tapi, kebanyakan orang memilih daging atau ayam utuh sebagai lauk dibandingkan dengan daging yang dimasak bersama sayur.

    fokusjabar.id makanan enak
    Daging merah. (FOTO: WEB)

    Jenis makanan hewani sebenarnya mengandung serat, namun memiliki lemak jenuh yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan makanan tersebut lebih lama dicerna. Karena itu, jika ingin mengonsumsi daging merah, jangan lupa sayurannya.

    5. Makanan Tinggi Karbohidrat

    Makanan yang tinggi karbohidrat pun ternyata bisa menyebabkan sembelit. Seperti nasi putih, roti tawar putih, dan pasta.

    fokusjabar.id makanan enak
    Roti tawar putih. (FOTO: WEB)

    Makanan-makanan ini bisa membuat kamu mengalami sembelit karena kandungan serat yang rendah serta rendah cairan namun memiliki lemak yang tinggi. Untuk membantu pencernaan agar tetap lancar, konsumsi juga buah dan sayuran lainnya serta perbanyak minum air putih.

    Nah, itulah lima jenis makanan enak yang bisa menimbulkan permasalahan pada pencernaan. Salah satunya sembelit atau susah BAB.

    Intinya, tetap makan secukupnya. Jangan berlebihan. Dan jangan lupa tetap konsumsi sayuran dan buah sehingga pencernaan tetap terjaga.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img