spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ini Dia Karomah Makam Raden Syeh H Abdul Wajah Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Waliyullah Raden Syeh H Abdul Wajah yang berlokasi di Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar, setiap malam Jumat Kliwon ramai dikunjungi para santri seantero Nusantara untuk berziarah. 

    Juru kunci (kuncen) Makam Waliyullah Raden Syeh H Abdul Wajah, Darman mengatakan, menurut cerita orang terdahulu, Syeh merupakan ulama besar yang menyebarkan ajaran Agama Islam di wilayah Kerajaan Galuh dan Sukapura (Priangan Timur).

    makam fokusjabar.id
    Makam Raden Syeh H Abdul Wajah (Foto Husen)

    Baca Juga: Pemilik Akun Twitter ini Mengaku Perkosa Perjaka

    “Beliau adalah penerus Syeh Abdul Muhyi dari  Pamijahan Tasikmalaya,” katanya.

    Menurut Darman, karomah yang dimiliki Raden Syeh Abdul Wajah yang hingga kini masih dipercaya yakni dua batu ajaib.

    “Konon, saat meninggal dunia di tengah sungai setelah melaksanakan shalat yang mengantarkan ke daratan adalah dua batu ajaib tersebut,” kata dia.

    Darman menjelaskan, saat jenazah syeh Abdul Wajah di tengah sungai Citanduy, para santri dari Sukapura berusaha untuk mengevakuasi jasad tersebut dari tengah sungai namun tidak berhasil mengangkatnya.

    “Jasad Raden Syeh H Abdul Wajah tidak bisa dievakuasi oleh santri dari daerah Sukapura. Justru jasad itu dibawa dua buah batu seperti pelampung mengantarkannya ke daerah Galuh,” jelasnya.

    Batu yang mengantarkan jenazah Syeh Abdul Wajah dari tengah Sungai Citanduy ke pinggir sungai di wilayah Kerajaan Galuh saat ini masih ada di samping makamnya.

    “Ajaibnya kedua batu yang semula kecil, kini dalam beberapa puluh tahun menjadi besar,” ungkap Darman. 

    (Husen Maharaja/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img