spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Gatrik Picu Geliat Wisata di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bus Wisata Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) semakin diminati warga Ciamis. Bahkan warga rela mengantre dan menunggu giliran naik Gatrik untuk berkeliling objek wisata Ciamis.

    Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis mulai kewalahan melayani peminat Gatrik, terlebih jumlah armada bus wisata itu hanya ada dua unit. Melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BPPD Ciamis mengajukan penambahan unit kepada Pemkab Ciamis untuk memenuhi permintaan warga guna menggeliatkan pariwisata Ciamis.

    Direktur Riset Kelembagaan, Kerjasama dan SDM BPPD Ciamis Syarif mengatakan bahwa akan ada penambahan unit Bus Gatrik.

    BACA JUGA: Ayo Berwisata Keliling Kota Ciamis Gunakan Bus Gatrik

    “Melihat minat masyarakat yang terus meningkat, maka kami mengajukan penambahan unit. Saya pikir penambahan ini dibutuhkan menyusul tingginya minat Gatrik untuk berwisata,” kata Syarif, Kamis (17/9/2020).

    Geliat Wisata
    Bus Gatrik Saba Lembur, di Wisata Astana Gede Kawali Kabupaten Ciamis (foto Irfan)

    Syarif mengatakan,penambahan armada bus akan sangat diperlukan, terlebih setelah berjalannya program Gatrik Saba Lembur. Melalui program ini, masyarakat akan diperkenalkan potensi wisata di setiap daerah di Ciamis kepada masyarakat. 

    “Tentunya masyarakat akan dibawa menaiki Gatrik mengunjungi lokasi wisata di setiap daerah di Ciamis,” kata dia.

    Saat ini, armada yang ada dimaksimalkan untuk dua perjalanan wisata. Satu unit untuk Saba Lembur san satu unit lagi di Kota Ciamis.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis Wasdi Ijudin mengatakan bahwa usulan penambahan Bus Gatrik sudah diajukan ke Pemkab Ciamis.Namun karena Pemkab tengah fokus pada penanganan Covid-19, pengajuan itu kemungkinan teralisasi tahun depan. 

    “Ini sebagai ikhtiar kami dalam meningkatkan geliat pariwisata di Ciamis. Mudah-mudahan dengan bertambahnya unit Gatrik, pariwisata Ciamis kembali meningkat,” kata Wasdi.

    (Riza M Irfsnsyah/Olin)

     

    Berita Terbaru

    spot_img