spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ayo Berwisata Keliling Kota Ciamis Gunakan Bus Gatrik

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Ciamis luncurkan dua bus wisata Galuh Kota Klasik (GATRIK). Bus Gatrik diperuntukkan bagi masyarakat Ciamis dan umum untuk berwisata keliling Kota Ciamis.

    Bupati Kabupaten Ciamis, H Herdiat Sunarya menuturkan, kedua bus pariwisata tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Barat untuk kabupaten Ciamis. Bus tersebut akan mengantarkan mayarakat Ciamis dan wisatawan mengelilingi Kota Ciamis untuk lebih mengetahui tempat-tempat bersejarah di Tatar Galuh.

    “Rutenya akan mengelilingi Kota Ciamis diawali dari Tourist Impormation Center lalu menuju Stadion Galuh dilanjutkan ke Musium Galuh dan Situs Jambansari,” ujar Herdiat usai launching Bus Gatrik di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Jawa Barat, Senin (24/2/2020).

    Herdiat menjelaskan, para wisatawan akan turun di setiap pemberhentian bus Gatrik. Baik di stadion Galuh, Musium Galuh maupun Situs Jambansari.

    Para wisatawan akan diberikan penjelasan tentang sejarah Galuh di Musim Galuh dan Situs Jambansari. Sedangkan di Stadion Galuh, para wisatawan diperkenankan menginjak rumput terbaik se-Asia Tenggara.

    “Setelah transit di Musium Galuh dan Situs Jambansari, wisatawan akan melanjutkan perjalanan menuju Pabrik Bedak legendaris Saripohaci di Jalan Ir H Juanda sebelum Hotel Tyara Plaza. Usai itu, menuju Imah Loji KPU (Ex Kwadanan) dan Imah Loji Pendopo (Kantor Bupati) serta Omah Loji (Gedung Negara),” tuturnya.

    Selain tempat tersebut, lanjut Herdiat, para wisatawan pun akan diajak ke Pabrik Minyak Kelapa Gwan Hien di Jalan Jendral Ahmad Yani. “Untuk umum, tiketnya Rp10 ribu untuk satu kali trip perjalanan dengan durasi satu jam,” pungkasnya.

    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img