spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Fakta Manfaat Tembakau Untuk Pengobatan Herbal

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tembakau termasuk tanaman yang identik dengan bahan utama dari rokok. Tetapi ada manfaat tembakau juga bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal.

    Tembakau termasuk tanaman herbal yang tumbuh sepanjang tahun melalui budidaya. Tembakau akan tumbuh jika di ketinggian antara 1 sampai 2 meter. Jenis-jenis tembakau lainnya terdiri dari Nicotiana stylvestris, Nicotiana tomentosiformis, dan Nicotiana otophora.

    Setiap bagian tembakau pasti memiliki nikotin kecuali bijinya, tapi konsentrasi yang berbeda-beda tergantung factor spesies, jenis tanah, dan kondisi cuaca di mana tanaman tembakau tersebut tumbuh.

    Kandungan nikotin pada bagian-bagian tumbuhan tembakau yakni sebagai berikut:

    • Daun: 64%
    • Batang: 18%
    • Akar: 13%
    • Bunga: 5%

    Dilansir dari berbagai sumber  tembakau telah dicoba oleh para ahli Kesehatan sebagai obat-obatan herbal.

    Tanaman tembakau dipercayai sebagai obat-obatan herbal yang dapat mengobati penyakit sebagai berikut:

    1. Obat ruam kulit, eksim dan reumatik

    Cara untuk pengobatan kulit seperti raum kulit, eksim dan reumatik, tembakau bisa digunakan dengan cara kompres kebagian yang terkena penyakit. Dengan pengolohan sebelum digunakan yaitu di tumbuk terlebih dahulu hingga halus, setelah itu balurkan secara merata dibagian yang terkana penyakit tau bagian tubuh yang luka. Ternyata metoda tersebut telah digunakan sudah lama terutama di India.

    2. Sakit Gigi

    Pengobatan balur daun tembakau yang bisa juga digunakan untuk meredakan sakit yang disebabkan karena sakit gigi. Tembakau yang harus ditumbuk lebih dulu hingga halus kemudian dibalurkan ke bagian yang bengkak yang di karenakan sakit gigi.

    3. Digigit Serangga dan Ular Berbisa

    Beberapa masyarakat di Negara India mempercayai bahwa nikotin di tembakau bisa membantu menghilangkan rasa sakit serta dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, dan bisa juga menyembuhkan dari gigitan ular yang berbisa.

    4. Flu dan Batuk

    Daun tembakau yang di campur dengan leptotaenia multifida digunakan untuk membantu mengobati flu dan batuk, campuran ini bisa juga di tambahkan akar balsam india yang dapat dipercayai sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma dan TBC.

    5. Pasta Gigi

    Daun tembakau yang ditumbuk sampai halus bisa digunakan sebagai pasta gigi dengan cata menggosokan pasta giginya ke seluruh bagian gigi, orang tua dulu biasanya menggunakan daun tembakau dalam campuran sirih dan pinang untuk dikonsumsinya, mereka juga biasanya menggosokan tumbukan daun tembakau tersebut ke seluruh gigi mereka. Meskipun gigi mereka terlihat agak sedikit kemerahan, namun tumbukan daun tembakau yang di campur dengan sirih dan pinang ini terbukti membersihkan gigi dan bisa membuat gigi menjadi kuat meskipun usia mereka bisa di bilang lansia.

    6. Obat Penyakit Mental

    Menurut  Journal of American Medical Association, orang-orang yang menderita gangguan mental seperti ADHD/ADD, skizofrenia dan gangguan lainnya mungkin mengalami efek positif dari merokok. Rupanya dosis nikotin memiliki efek normalisasi jangka pendek pada aktivitas listrik di otak.

    Untuk penyakit Alzheimer juga mendapat keuntungan dari dosis nikotin. Menurut penelitian, kemampuan kognitif pasien sedikit membaik

    7. Menghasilkan protein antikanker

    Pusat penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan riset dengan cara mereplikasi protein dari tubuh manusia kedalam daun tembakau. Daun tembakau ini dapat digunakan untuk aplikasi stem cell dan kanker mulut rahim

    8. Anti radang

    Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planata” yang dimpimpin Profesor Mario Pezzeotti dari Universitas Verona. Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin 10 (IL-10) yang merupakan cytoine anti radang yang mampu memproduksi protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.

    9. Obat HIV/AIDS

    Masih berdasarkan penelitian yang diinisasi Profesor Mario Pezzeoti, manfaat tembakau juga dapat menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS yang disebut griffithsin bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

    Penelitian modern mengenai manfaat tembakau selain sebagai rokok

    manfaat tembakau fokusjabar.id
    Tembakau rajah (Instagram)

    Teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang membuat tembakau menjadi bahan penelitian para ahli dalam beberapa dekade terakhir. Penelitian tentang manfaat tembakau kini lebih mengarah pada kemajuan yang cukup signifikan dalam ilmu tanaman dan bioteknologi. Manfaat tembakau kerap digunakan dalam bidang ilmiah, seperti bidang genetika, fitopatologi, fotosintesis, nutrisi, dan pertumbuhan tanaman.

    BACA JUGA: 6 Manfaat Kuping Gajah dan Cara Merawatnya

    Beberapa manfaat tembakau lainnya sebagai berikut:

    1. Mempercepat produksi vaksin

    Pengembangan yang lebih luas terhadap manfaat tembakau terjadi dalam produksi vaksin. Suatustudi menyatakan bahwa tembakau memiliki antigen yang mirip dengan virus influenza sehingga dapat dijadikan vaksin. Proses pembuatan vaksin dengan antigen dari tembakau lebih cepat dibandingkan dari virus influenza sebenarnya yang membutuhkan waktu satu bulan untuk membuat vaksin.

    2. Bahan bakar yang ramah lingkungan

    Selain dibidang farmasi tembakau juga diteliti di sektor lingkungan yang berfokus pada energi hijau atau energi ramah lingungan. Banyak penelitian telah meneliti tembakau yang dapat diolah menjadi energi dan bahan bakar nabati atau biofuel. Dengan demikian manfaat tembakau sangat cocok untuk pengendalian lingkungan.

    Salah satu penelitian tersebut, dilakukan pengamatan terhadap varietas tembakau yang dipilih untuk dimodifikasi secara genetic agar volume minyak dan biji tembakau meningkat. Pada dasarnya minyak yang dihasilkan biji tembakau dapat diolah menjadi biofuel.

    Kemungkinan adanya alternatif biofuel dari tembakau tersebut akan menjadi kemajuan besar untuk mengurangi dampat terhadap lingkungan. Biofuel berbasis tembakau dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 75% lebih besar dibandingkan bahan bakar fosil.

    manfaat tembakau fokusjabar.id
    Tembakau Gayo yang tengah dijemur. (Instagram)

    3. Sumber protein nabati

    Manfaat tembakau yang memiliki sumber protein Nabati ialah jenis Nicotiana tabacum, dari hasil penelitian ahli agronomi dan ahli kimia bahwa tembkau tersebut merupakan sumber protein yang unik. Keunikan tersebut pasalnya mudah diproses sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan tenak, pestisida, pembuatan kosmetik dan sebagai makanan manusia.

    Bukan hanya itu dari hasil peneletian kesehatan tembakau dapat ditanam dan dikembangkan sebanyak empat kali, lebih banyak dari kedelai atau jagung, sehingga protein yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan dapat menjadi sumber daya protein yang menjanjikan.

    4. Membersihkan polusi senyawa peledak

    Penelitian bioteknologi dari Universitas Cambridge menyatakan bahwa manfaat tembakau mampu membersihkan tanah dari senyawa peledak, yang dikenal sebagai polutan refraktori, yang sesungguhnya sulit untuk dihilangkan.

    Terlepas dari berbagai manfaatnya sebagai tanaman obat-obatan herbal, tembakau pada rokok tetaplah berbahaya bagi Kesehatan, sayangi diri anda dengan berhenti merokok. Manfaatkan tembakau pada sektor lain mungkin akan menjadi langkah yang bijak untuk anda lakukan.

    (KP-1/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img