spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Diperiksa KPK, Wali Kota Bandung Disuguhkan 6 Pertanyaan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (4/9/2020).

    Oded datang ke kantor Sabhara Polrestabes Bandung menggunakan batik dan celana katun hitam. Orang nomor satu di Kota Bandung itu, datang memenuhi panggilan komisi antirasuah untuk diperiksa sebagai saksi atas kasus ruang terbuka hijau (RTH) Kota Bandung pada 2012 silam.

    “Saya tadi diperiksa sebagai saksi dimintai keterangan atas (kasus) RTH di Kota Bandung, gak banyak pertanyaan. Lupa lagi, lima atau enam pertanyaan, lancar Insha Alloh,” ujar Oded usai pemeriksaan di gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/9/2020).

    Menurutnya, sejumlah pertanyaan dari penyidik menyoal tentang tugas pokok dan fungsi saat dirinya menjabat sebagai anggota dewan. Lalu terkait proses pembahasan RTH, dan tentang sosok Dadang Suganda.

    BACA JUGA: Lebih dari 2 Jam, Wali Kota Bandung Diperiksa KPK

    “Kemudian bagaimana proses pembahasaan anggaran dulu, dan pertanyaan lainnya,” kata dia.

    Terkait program RTH, Oded mengatakan, kondisi RTH di Kota Bandung pada saat itu masih jauh dari kata ideal yakni 30 persen. Alhasil, pemerintah kota (Pemkot) Bandung pun mengalokasikan sejumlah dana.

    “Kita masih jauh (soal RTH), dan kota menggangarkan secara normatif dan semua sepakat. Saya kira RTH harus 30 persen,” ujar Oded.

    Diketahui, KPK telah mengirim surat pemanggilan pemeriksaan kepada Oded M Danial pada Rabu (2/9/2020). Akan tetapi, wali kota Bandung itu mengaku belum menerima langsung surat pemanggilan pemeriksaan tersebut.

    Oded baru diperiksa pada Jumat (4/9/2020) ini di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung. Oded tiba sekitar pukul 9.30 WIB dan baru selesai diperiksa pada pukul 13.00 WIB. Dalam pemeriksaan, Oded didampingi Kabag Humas Kota Bandung Sony Teguh Prasatya.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img