spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    22 Perbankan Ditetapkan Sebagai LKS PWU, BJB Syariah Salah Satunya

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Sebanyak 22 perbankan ditetapkan sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) berdasarkan keputusan Kementerian Agama (Kemenag).

    Dilansir kontan.co.id, penetapan tertuang dalam 22 Keputusan Menteri Agama (KMA). Penunjukan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

    Diantaranya pihak bank sudah menyampaikan permohonan secara tertulis kepada Menteri Agama dengan melampirkan anggaran dasar dan pengesahan sebagai badan hukum. Selain itu, bank terkait memiliki kantor operasional di wilayah Republik Indonesia.

    “Total ada 22 LKS PWU per 31 Agustus 2020. Yang terpenting harus bergerak di bidang keuangan syariah dan memiliki fungsi menerima titipan (wadi’ah),” ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Muhammad Fuad Nasar, Jumat (4/9/2020).

    BACA JUGA: Wali Kota Bandung: Soal Jam Malam Akan Dikaji Dulu

    Setelah syarat terpenuhi seperti termaktub dalam PP No. 42/2006 pasal 24, lanjut dia, Badan Wakaf Indonesia (BWI) memberikan pertimbangan kepada Menteri Agama. Pertimbangan diserahkan paling lambat 30 hari kerja setelah LKS memenuhi persyaratan dan meminta rekomendasi dari OJK terkait aspek kinerja keuangan perbankan tersebut.

    Setelah menerima saran dan pertimbangan BWI, Menag paling lambat selama 7 hari kerja sudah bisa memutuskan. Apakah menunjuk LKS tersebut sebagai PWU atau justru menolak permohonan.

    “LKS yang telah ditunjuk sebagai PWU mempunyai tugas yang harus dikerjakan seperti diamanatkan dalam PP No. 42/2006, pasal 25,” kata Fuad.

    Tugas pertama yakni mengumumkan kepada publik atas keberadaannya sebagai LKS PWU. Dan menyediakan blangko sertifikat wakaf uang.

    Lalu menerima secara tunai wakaf uang dari wakif atas nama nazir. Keempat, menempatkan uang wakaf ke dalam rekening titipan (wadi’ah) atas nama nazir yang ditunjuk wakif.

    Tugas kelima yakni menerima pernyataan kehendak wakif yang dituangkan secara tertulis dalam formulir pernyataan kehendak wakif.

    Keenam, menerbitkan sertifikat wakaf uang serta menyerahkan sertifikat tersebut kepada wakif dan menyerahkan tembusan sertifikat kepada Nazir yang ditunjuk oleh wakif. Terakhir, mendaftarkan wakaf uang kepada menteri atas nama nazir.

    Berikut 22 daffar LKS PWU sesuai KMA

    1. Bank Muamalat Indonesia
    2. BNI Syariah
    3. Bank Syariah Mandiri
    4. Bank Mega Syariah
    5. Bank DKI Syariah
    6. BTN Syariah
    7. BPD Yogyakarta Syariah
    8. Bank Syariah Bukopin
    9. BPD Jawa Tengah Syariah
    10. BPD Kalimantan Barat Syariah
    11. BPD Kepri Riau Syariah
    12. BPD Jawa Timur Syariah
    13. Bank Sumatera Utara Syariah
    14. Bank CIMB Niaga Syariah
    15. Bank Panin Dubai Syariah
    16. Bank Sumsel Babel Syariah
    17. Bank BRI Syariah
    18. BJB Syariah
    19. Bank Kaltim Kaltara Unit Usaha Syariah
    20. BPRS HIK (Harta Insan Karimah)
    21. Bank BPD Syariah Kalimantan Selatan
    22. Bank Danamon (unit usaha syariah)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img