spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    14 Sri Rejeki si-Pembawa Hoki

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sri Rejeki (Aglaonema),  atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan. Konon, memiliki sekitar 30 spesies.

    Habitat asli tanaman ini di hutan hujan tropis. tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

    sri rejeki fokusjabar.id
    foto web

    Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daunnya menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

    Baca Juga: Ikan Louhan Dipercaya Pembawa Hoki

    Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk dan ukuran daun.

    Selain disebut bisa membawa keberuntungan (hoki), Sri Rejeki mempunyai warna cantik dan memikat.

    Di Negara Cina dan Filipina, tanaman ini dipercaya membawa hoki bagi masyarakat di sana. Tanaman ini juga cukup populer di dunia karena digunakan sebagai tanaman hias yang mudah dirawat dan memiliki penampilan memikat.

    Warnanya yang beraneka ragam ini juga membuatnya berperan sebagai pembersih udara.

    Berikut beberapa jenis diantaranya:

    1. Widuri Merah

    Daunnya berbentuk oval dan memiliki warna hijau dan kuning dengan sedikit warna merah muda yang cerah di bagian tulang daun.

    Tanaman ini menyukai sedikit cahaya matahari. Untuk menjaganya dengan baik, tanaman ini harus disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

    1. Widuri Putih Super

    Aglaonema widuri putih super memiliki daun yang bulat, besar dan cukup tebal. Perpaduan warna daunnya sangat cantik dan  calm dengan putih pucat kekuningan dan pinggiran berwarna bercak hijau.

    1. Silver Queen

    Tanaman jenis ini memiliki pola warna daun berwarna krem pada bagian tulang daunnya dan warna hijau gelap pada dasar daunnya dan tumbuh subur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

    Untuk merawat tanaman ini juga tidak sulit, hanya perlu menyiram satu  kali dalam 2-3 hari. Pemberian pupuknya juga bisa dilakukan dalam waktu 3-4 bulan.

    1. Silver King

    Tanaman ini mirip dengan Silver Queen. Hanya saja motif didaunnya bercak dan tidak beraturan.

    Bunganya juga menambahkan keindahan pada tanaman ini, namun bunganya mengeluarkan banyak serbuk sari. Untuk mengatasi itu, dapat memotongnya sebelum kuncupnya terbuka.

    1. Harlequin

    Jenis tanaman ini cukup populer di Indonesia. Selain warnanya yang cantik, coraknya juga mampu memikat banyak orang.

    Warnanya terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan oranye. Daunnya memiliki bentuk bulat besar yang menambah keindahan tanaman cantik ini.

    Dalam cahaya yang sedikit gelap, harlequin akan berwarna hijau tua dengan bintik kuning dan merah muda.

    1. Aglaonema Cutlass

    Untuk yang suka menyimpan tanaman dalam ruangan, tanaman yang satu ini bisa jadi pilihan tepat.

    Daunnya cukup berbeda dengan tanaman yang lainnya. Bentuknya memanjang seperti belati sehingga tanaman ini disebut sebagai cutlass.

    Saat dipandang dari jauh, daunnya terlihat kaku, namun sebenarnya sangat lembut. Permukaannya yang berwarna putih kehijauan membuat tanaman ini tampak cantik baik di dalam ataupun di luar ruangan.

    1. Pride of Sumatra

    Sesuai namanya, tanaman cantik ini berasal dari Sumatra. Berbeda dengan tanaman lainnya yang berwarna hijau, Pride of Sumatra memiliki warna merah tua yang membuatnya terkesan elegan.

    Tanaman jenis ini juga cukup mudah ditemukan di pasar, namun harganya cukup mahal. Bentuk daunnya membentuk elips dengan tangkai berwarna pink dan bercorak mirip.

    1. Red Cochin

    Berbeda dengan jenis yang  lain yang didominasi warna hijau, Tanaman ini didominasi warna merah muda. Namun, terdapat beberapa daun yang berwarna hijau tua.

    Bagian tulang daun berwarna putih, berbentuk bulat meruncing dan tangkainya cukup panjang sehingga terlihat menjuntai secara alami.

    1. Lipstik

    Tanaman hias ini memiliki pinggiran berwarna merah pada daun dan batangnya. Tekstur yang bergelombang, ujung daun yang runcing, dan berwarna cantik membuat tanaman ini terlihat sangat menawan.

    Tanaman jenis ini juga menjadi tanaman hias yang paling banyak dicari, karena memiliki warna dan bentuk yang khas.

    1. Aglaonema Emerald Bay

    Tanaman ini memiliki kombinasi warna hijau tua dan abu-abu. Tanaman ini juga dapat tumbuh subur di dalam ruangan serta bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari yang sedikit.

    1. Legacy

    Jenis Legacy memiliki daun yang lonjong dan beruncing pada bagian ujung daun. Daunnya memiliki perpaduan warna hijau dan akan semakin merah gelap saat mendekati tulang daun.

    1. Bidadari

    Tanaman yang satu ini disebut Bidadari karena kecantikan warna daunnya. Daunnya yang rimbun berwarna merah muda dan hijau berpadu dengan batangnya yang kemerahan, membuat tanaman yang satu ini terlihat indah.

    1. Dud Anjamani

    Perpaduan warna hijau dan merah muda pada bagian daun menjadi salah satu alasan mengapa jenis dud anjamani sangat unik.

    Berbeda dengan jenis lainnya, daun Dud Anjamani berbentuk kebulatan dengan bercak hijau di sekujur daun.

    1. Sinar Bulan

    Daunnya yang berwarna hijau keputihan dengan tulang daun merah membuat sinar bulan menjadi salah satu tanaman terbaik di Indonesia.

    Jika terkena cahaya, daun akan terlihat sangat cantik karena memberikan efek bergelombang dengan cekungan di bagian dalam daun.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img