spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Tahun Baru Islam, Imam dan Guru Ngaji di Ternate Dapat Insentif

    TERNATE,FOKUSJabar.id: Pada momen Tahun Baru Islam 1442 H, imam, wakil imam, dan guru ngaji (TPA/TPQ) serta penyuluh Agama Islam di Kota Ternate mendapatkan insentif. Pemerintah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate langsung menyalurkan insentif triwulan III tersebut kepada imam dan guru ngaji pada Kamis (20/8/2020).

    Penyaluran insentif ini dihadiri langsung Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Pengurus Baznas Kota Ternate, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta para Imam, wakil Imam, dan guru ngaji se-Kota Ternate.

    Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan, insentif yang disalurkan bagi imam dan guru ngaji pada tahun ini mencapai Rp2 milyar lebih. Insentif yang diberikan berasal dari zakat yang dikumpulkan dari masyarakat Kota Ternate.

    BACA JUGA: Konsep Baru Amazing Muharram 9 Hadirkan 99 Tokoh

    Berdasarkan laporan Baznas, lanjut dia, ada peningkatan zakat yang disalurkan masyarakat dari tahun ke tahun. Pihaknya pun masih melaksanakan tugasnya untuk mengumpulkan zakat di Kota Ternate.

    Dengan adanya peningkatan tersebut, menandakan jika kesadaran kaum Muslim di Kota Ternate terhadap kewajiban zakat mulai lebih baik.

    “Berdasarkan hasil penelitian, potensi zakat di Kota Ternate jika dikelola secara maksimal bisa lebih tinggi. Dengan begitu, bisa melakukan berbagai kegiatan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Ternate,” ujar Burhan.

    Dia berterimakasih kepada para imam dan wakil Imam yang selama ini melaksanakan tugas di masjid yang ada di Kota Ternate. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah mewujudkan salah satu visi pembangunan dan menjadikan masyarakat yang agamis.

    “Saya berharap dari waktu ke waktu akan tumbuh kesadaran dalam menjalankan ajaran agama. Shalatnya bagus, puasanya bagus, zakatnya bagus, supaya tumbuh kesadaran masyarakat yang mendalam dalam beragama,” kata dia.

    Pemerintah pun, lanjut Burhan, memiliki program baca tulis Al’quran, hafiz Quran dan shalat dhuha di setiap sekolah dasar (SD). Hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran anak-anak menjalankan ibadah agama Islam di Kota Ternate.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img