spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    5 Cara Atasi Mobil Berkarat

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Mobil berkarat memang mengurangi rasa kepercayaan diri saat kita menggunakan kendaraan tersebut. Untuk itu dibutuhkan perawatan atau pemeliharaan agar kendaraan anda tetap kinclong. 

    Bagian berkarat akan menyebar jika dibiarkan. Karenanya, membersihkan bagian berkarat dan memberikan cat baru pada mobil sebaiknya dilakukan segera sebelum karat menyebar lebih luas.

    mobil berkarat fokusjabar.id
    foto web

    Berikut cara mencegah atau menghilangkan karat kendaraan yang baik dan benar: 

    Baca Juga: Karena Alasan Dokumen, Wander Luiz Gagal Bertolak Ke Indonesia 

    Mencegah Karat

    Karatan dan keropos bisa saja terjadi karena lamanya suatu kendaraan jika kurang terawat atau sudah tidak terpakai lagi. Agar terhindar dari hal tersebut lakukan beberapa langkah di bawah ini :

    1. Berikan Pelumas di Beberapa Bagian

    Bagian engsel kendaraan seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan. Namun Sahabat tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya.

    2.Cuci Berkala

    Jika memang Sahabat ingin mencuci kendaraan, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang saja. Karena air yang ada pada bagian dalam dan sulit dilap tentu saja akan kering lebih cepat jika dicuci pada pagi atau siang hari. Bayangkan ketika Sahabat mencuci di malam atau sore hari?

    Bagian yang sulit dilap tersebut akan lama tergenang air atau basah sehingga tidak mudah mengering dan lebih cepat berkarat.

    Air hujan sendiri memang cepat dapat menimbulkan karatan. Jika Sahabat menggunakan mobil saat hujan, alangkah baiknya segera untuk mencucinya agar terhindar dari karat.

    Tak peduli mobilnya merk apa dengan harga berapa, karat bisa jadi masalah yang sangat serius. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan. Berikut alat sederhana untuk menghilangkan karat mobil yang bisa didapatkan dengan mudah. 

    1. Cuka

    Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, lap khusus, dan pastinya cuka. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu. Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

    Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa Anda bongkar, maka lepaskan lebih dahulu bagian tersebut dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari. Jika ternyata karat masih menempel, Anda bisa rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.

    1. Lemon atau Jeruk Nipis

    Jika selama ini Sahabat hanya menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan noda pada pakaian, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kedua buah tersebut untuk menghilangkan karat mobil. Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

    1. Baking Soda
      Tidak ada persediaan lemon atau cuka di dapur? Jangan khawatir, karena Sahabat punya solusi lainnya yaitu baking soda, yang juga memiliki kandungan bahan aktif untuk membantu menyingkirkan karat dari mobil. Caranya pun sangat mudah,hanya perlu mempersiapkan sikat atau lap khusus yang sudah dibasahi di dalam campuran air baking soda untuk menyikat atau menggosok bagian yang terkena karat di mobil. Praktis, bukan?

    Nah itulah beberapa cara mencegah dan menghilangkan karat mobil yang bisa dilakukan di rumah. Selain perawatan untuk mencegah karat, Sahabat juga perlu melakukan perawatan mobil lainnya seperti perawatan di bagian eksterior dan interior. 

    Sumber: Net

    (Budiana/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img