spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Teh Hijau diketahui memiliki manfaat dan berbagai khasiat untuk kesehatan. Namun tidak semua orang mengetahui manfaat dan khasiat dari teh kenis ini.

    Salah satu manfaat dan khasiat teh hijau yang mungkin paling adalah membantu menurunkan berat badan. Terutama bagi kaum hawa.

    Teh hijau sendiri menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi di negara Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, teh hijau kini mulai dipasarkan ke berbagai negara termasuk Indonesia.

    Meski demikian, teh hitam masih paling banyak dijumpai dan lebih umum dikonsumsi di Tanah Air. Tapi, warga Indonesia pun kini sudah melirik teh hijau karena manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan.

    BACA JUGA: 19 Manfaat Teh bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Lantas, apa saja manfaat dan khasiat yang ditawarkan teh hijau, terutama bagi kesehatan? Berikut ini 6 manfaat dan khasiat teh hijau untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

    1. Menurunkan Berat Badan

    Sejatinya, teh hijau tidak benar-benar memangkas berat badan Anda. Hanya saja, teh hijau adalah minuman sehat yang dapat mengganti peran minuman manis yang biasa Anda konsumsi sehari-hari maupun minuman dalam kemasan atau soft drink bersoda yang merupakan jenis minuman yang tinggi gula dan kalori.

    Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat, minuman manis dan bersoda alangkah baiknya dihindari.. Teh hijau pun bisa menjadi pengganti minuman Anda karena rendah kalori dan mengandung aneka manfaat sehat untuk tubuh.

    2. Menurunkan Kolesterol

    Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, secepatnya mencari cara menurunkan kadar kolesterol jika tidak ingin terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian di Western University of Health Sciences, California, menyebutk teh hijau sebagai minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Mengonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari, dapat menurunkan kolesterol total secara optimal.

    3. Kesehatan Kulit

    Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Medical College of Georgia pada tahun 2007, menyebut jika teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit. Seperti ketombe dan psoriasis.

    Psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi yang menimbulkan bercak kering dan kemerahan pada kulit serta pengelupasan. Hal ini disebabkan peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu pada kulit.

    Teh hijau dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut.

    4. Kesehatan Daya Ingat

    Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology tahun 2014 menunjukkan, teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia khususnya daya ingat. Selain itu, tim peneliti mengatakan, teh hijau dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri seperti demensia.

    5. Mengurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung

    Journal of the American Medical Association pernah menerbitkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006. Studi ini menyimpulkan, mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya angka kematian yang disebabkan penyakit kardiovaskular.

    Studi dilakukan di Jepang dan diikuti 40 ribu peserta berusia 40-79 tahun yang mengalami masalah kesehatan pada jantung. Studi dilakukan selama kurang lebih 11 tahun sejak 1994.

    Peserta yang mengonsumsi setidaknya lima cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibanding peserta yang hanya minum kurang dari satu cangkir teh hijau per hari.

    6. Mengurangi Risiko Kanker

    Saat ini, masyarakat di Amerika Serikat memperbanyak konsumsi teh hijau untuk mencegah kanker. National Cancer  Institute pernah menyatakan, kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti sangat percaya kandungan polifenol ini dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya.

    Nah, ingin merasakan khasiat teh hijau untuk kesehatan? Anda dan keluarga bisa mulai mengonsumsi minuman teh hijau. Selamat mencoba!

    (Nendy/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img