spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    19 Manfaat Teh bagi Kesehatan dan Kecantikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia Sinensis.

    Tanaman ini dibagi empat kelompok. Yakni, hutam, Oolong, Hijau dan teh Putih. Istilahnya digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh.

    Semisal, Rosehip, Camonile, Krisan dan Jiaogulan. Yang tidak mengandung daun disebut The Herbal.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Mengandung sumber alami kafeina, tefilin dan antioksidan (protein) mendekati nol persen. Cita rasa sedikit pahit.

    Campuran kuncup bunga Melati disebut The Melati (wangi melati) merupakan jenis yang paling populer di Indonesia.

    Manfaat teh ternyata tidak hanya sampai pada masalah kesehatan tapi bermanfaat juga untuk kecantikan.

    Berikut beberapa manfaatnya:

    1. Rambut

    Teh hijau yang diendapkan bisa digunakan untuk membuat rambut bercahaya dan sehat. Endapan selama selaman dapat dibasuhkan pada rambut, tunggulah beberapa menit lalu bilaslah dengan sampo. Pathenol terkandung membantu mengurangi rambut rusak dan bercabang.

    1. Wajah

    Manfaat Teh sebagai sumber antioksidan  membantu marawat wajah dan mata anda. Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah.

    Mengompres bagian bawah mata dapat mengurangi kantung. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.

    1. Tubuh

    Antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, sangat diperlukan untuk mencegah pemicu munculnya kerutan. Hindarilah radikal bebas dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

    Walaupun manfaanya sangat banyak bagi kesehatan, namun anda harus mewaspadai efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi berlebihan. 

    1. Melarutkan Lemak

    Kandungan essential oil dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.

    1. Menurunkan Berat Badan
    2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

    Kandungan polifenol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke.

    Minum teh dapat membantu menjaga arteri anda agar bebas dari sumbatan. Hal ini juga dapat membuat buang air kecil akan lebih teratur.

    1. Melindungi Tulang

    Sebuah penelitian yang membandingkan antara peminum teh dengan non-peminum, menemukan bahwa orang yang minum teh selama 10 tahun memiliki tulang kuat karena terdapat kandungan phytochemical merupakan zat yang dapat membantu melindungi tulang.

    1. Meningkatkan metabolisme tubuh

    Teh hijau mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.

    1. Meningkatkan kesehatan gigi

    Polifenol sangat efektif sebagai pembunuh bakteri akibat plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan masalah juga pada gusi.

    1. Menghilangkan Kantuk

    Teh memiliki kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk, bahkan sampai malam hari. Tidak heran jika anda kesulitan tidur karena mengkonsumsi teh dalam jumlah yang tinggi di siang hari.

    1. Mencegah Diabetes

    Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 meninjau berbagai teh berkafein menemukan bahwa kafein dalam teh dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes.

    1. Meningkatkan Mood

    Anda stress ? atau sedang tidak mood ? Secangkir teh hitam adalah senjata ampuh yang anda butuhkan. Suatu penelitian menyimpulkan bahwa teh hitam benar-benar membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada partisipan studi.

    1. Melawan radikal bebas

    Teh memiliki kandungan ORAC (oxygen radical absorbance capacity) yang cukup tinggi, hal ini adalah salah satu cara untuk menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh manusia. Kerusakan yang ditimbulkan dari radikal bebas ini dapat dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung dan degenerasi saraf.

    1. Rampingkan Pinggang

    Katekin dan kafein dapat memicu pembakaran dan peningkatan metabolism lemak hingga dua jam. Sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang.

    1. Menjaga Kesehatan Mata
    2. Anti Alergi

    Manfaat tanaman teh hijau bisa membuat alergi tidak bisa menembus anti bodi manusia. Sebab, terdapat sifat antihistamin untuk meredakan dan mencegah serangan alergi dan demam. Proses biokimia pun akan terhambat.

    1. Meringankan Sembelit
    2. Meringankan Sakit Kepala
    3. Meningkatkan Kreativitas

    Sebuah studi dimuat dalam jurnal Food Quality and Preference meneliti 50 murid dengan usia rata-rata 23 tahun.

    Para tim peneliti yang berasal Universitas Peking di Republik Rakyat Tiongkok tersebut memberi responden segelas teh hitam untuk diminum.

    Sementara, responden lain hanya diberi segelas air sebelum memulai kegiatan yang membutuhkan kemampuan kreatif dan juga kognotif.

    Semua hasil tes dipilih oleh orang yang tidak terlibat di dalam penelitian.

    Hasil yang cukup signifikan dapat terlihat setelah para responden melalui tes kreasi dalam mendirikan bangunan.

    Responden yang meminum teh mendapatkan nilai 6,54 sementara responden yang hanya meminum air mendapatkan nilai 6,03.

    Untuk percobaan kedua para partispan diminta untuk memberi nama untuk restoran mie fiksional.

    Responden peminum teh mendapat nilai 4,11 dan responden peminum air mendapat nilai mendapat nilai 3,78.

    Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa tanaman herba teh bermanfaat untuk memengaruhi tingkat kreativitas. Namun, konsumsi dalam jumlah kecil tidak memberikan efek jangka panjang.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img