spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Wisata Air Ciharus Tawarkan Sensasi Renang di alam Terbuka

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Wisata air Ciharus di aliran Sungai Ciharus, Dusun Sedakaler, Desa Padamulya, Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis bisa menjadi pilihan keluarga untuk berlibur.

    Selain tempatnya yang sejuk, di lokasi tersebut pun pengunjung bisa merasakan sensasi berenang di alam terbuka. Wisatawan bisa melepas penat dengan bermain air di aluran Sungai Ciharus yang sudah ditata dengan bendungan alami.

    Selain untuk berenang, lokasi tersebut pun cocok untuk berswafoto, terlebih di lokasi tersebut terdapat pemandangan indah asli alam nan eksotis.

    Pegiat wisata Desa Padamulya Totong mengatakan, keberadaan lokasi wisata ini dibangun warga setempat karena pemandangannya dinilai mampu menjadi daya tarik wisatawan.

    “Sawah yang terhampar luas di bawah gunung sawal akan menambah betah wisatawan yang datang,” kata Totong, Minggu (26/7/2020).

    Suasana tenang dan sejuk tampak di sekitar Sungai Ciharus, (foto Husen)
    Suasana tenang dan sejuk tampak di sekitar Sungai Ciharus, (foto Husen)

    BACA JUGA: Wisata Air Rancaasih Ciamis Siap Manjakan Pengunjung

    Sebelum dijadikan lokasi wisata, Sungai Ciharus hanya sawah bekas banjir yang ditumbuhi tanaman liar dan tidak ada yang memerhatikan.

    “Pasca-banjir 2011 lalu tempat ini menjadi lahan tidak produktif dan dipenuhi batu yang terseret banjir. Kini Ciharus bisa jadi pilihan keluarga berlibur,” kata dia.

    Akses menuju lokasi pun nyaman, terlebih jalannya sudah diaspal sepanjang 1,5 kilo meter arah ke kecamatan Panumbangan.
    Saat ini pengelola terkendala dalam pengembangan lokasi wisata yang direncanakan menjadi andalan di Kecamatan Cihaurbeuti. umumnya Kabupaten Ciamis sehingga bisa mensejahterakan masyarakat,” tambahnya.

    (Olin/Husen Maharaja )

    Berita Terbaru

    spot_img