spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Wisata Air Rancaasih Ciamis Siap Manjakan Pengunjung

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tempat wisata air Rancaasih seluas 20 ribu meter persegi di Desa Sirnajaya dan Desa Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat siap dikunjungi wisatawan yang ingin bermain air dan menikmati pemandangan.

    Lokasi wisata ini semula hanya lahan tidur, terbengkalai dan rawan banjir. Kini telah berubah menjadi wisata air dan yang cocok untuk berlibur atau hanya sekedar melepas penat setelah sibuk dengan pekerjaan segari-hari. 

    Owner Rancaasih Ato Sriyanto mengatakan, dirinya melihat potensi besar jika dijadikan tempat wisata, terlebih lokasi itu dilengkapi rawa yang cukup luas.

    BACA JUGA: Objek Wisata di Ciamis Dibuka dengan Protokol Kesehatan Ketat

    “Sebelum dibangun, tidak ada seorang pun yang mau datang, karena memang tidak produktif dan dipenuhi duri serta tanaman liar,” kata Ato, Senin (20/7/2020). 

    Namun karena alamnya menjanjikan dan cocok untuk lokasi wisata, Ato berinisiatif membuat kolam dan lainnya sebagai pelengkap untuk menarik pengunjung yang ingin berlibur. 

    Fokusjabar.id rancaasih
    Tempat wisata air Rancaasih Kabupaten Ciamis (foto Husen)

    “Secara bertahap tempat ini saya bangun dengan biaya sendiri mulai dengan membeli tanahnya. Meski masih banyak yang harus ditata, tapi sudah banyak pengunjung,” kata dia.

    Karena dulunya situ dan pesawahan, maka konsep yang dikembangkan adalah wisata air dan kolam pemancingan. Mereka yang hobi mancing bisa datang dan menyewa lapak Rp15 ribu untuk memancing berbagai jenis ikan sepuasnya.

    “Di sini juga disediakan perahu angsa untuk mengarungi situ, tarifnya Rp15 ribu sepuasnya. Ada juga kolam renang anak yang aman dan nyaman. Yang suka nasi liwet juga bisa didapatkan di sini,”  kata dia.

    Ke depan pihaknya berencana membangun penginapan dengan nuansa alam yang indah. Selain dijadikan lokasi wisata yang bisa menghilangkan penat, Rancaasih juga dijadikan embung penampungan air. 

    (Husen Maharaja/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img