spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ada Beberapa Tips mengatasi rambut rontok secara alami, Menemukan banyak rambut yang rontok setelah mencuci rambut atau ketika menyisir tentu akan membuat orang-orang yang mengalaminya menjadi cemas. Meski sebenarnya, rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang. Namun yang perlu diwaspadai adalah jika rambut rontok secara berlebihan, nanti dapat mengakibatkan kebotakan. Baca pembahasannya di bawah ini.

    Penyebab Rambut Rontok

    Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok, yaitu karena pertambahan usia, kondisi medis, faktor keturunan, atau akibat proses kimia yang pernah dilakukan, seperti mewarnai dan meluruskan rambut secara permanen. Sebelum mengatasi rambut rontok, yuk, cari tahu dulu apa penyebab rambut rontokmu.

    • Kurang Asupan Gizi

    Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. Hati-hati bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena diet yang ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kamu mungkin saja kekurangan zat zink dan protein yang dibutuhkan rambut.

    • Perubahan Hormon

    Perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid bisa menyebabkan kerontokan.

    • Efek Samping Obat-obatan

    Obat-obatan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambutmu rontok. Contohnya, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

    • Pengaruh Psikologis

    Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar atau sehabis melahirkan akan menyebabkan rambut rontok. Namun, kerontokan karena kondisi psikologis tidak akan sampai membuat orang yang mengalaminya botak, dan bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

    Atasi Rambut Rontok dengan Bahan-bahan Alami

    1. Lidah Buaya

    Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Namun, enggak hanya itu saja, vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok, lho. Kandungan dalam aloe vera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

    BACA JUGA: Tips Mengatasi Rambut Rontok di Rumah

    Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

    1. Minyak Zaitun

    Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    1. Santan

    Kamu juga bisa menggunakan santan untuk membuat rambutmu halus dan mudah diatur, sehingga tidak rontok ketika disisir. Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

    1. Yoghurt

    Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Kamu cukup mengoleskan yogurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih, dilansir dari Halodoc.

    Tips Mengurangi Rambut Rontok

    Menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut  rontok dan menggantinya dengan kebiasaan baik juga dapat mengatasi masalah :

    • Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
    • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
    • Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat berkeramas menjadi lebih lembut, dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
    • Gunakan sisir bergigi jarang.
    • Biasakan diri mengonsumsi pola makan gizi seimbang setiap hari.

    Selamat mencoba tips-tips cara mengatasi masalah rambut rontok di atas ya. Jika rambut rontokmu terus berlanjut dan semakin banyak jumlahnya, coba tanyakan kepada ahlinya atau dokter. Semoga bermanfaat !!!

    (Nendy/Halodoc)

    Berita Terbaru

    spot_img