Selasa 22 September 2020

Dikecam, Trump Cepat-cepat Hapus Cuitan Video Rasis

WASHINGTON, FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sempat mengunggah video kontroversial terkait rasisme di Twitter, Minggu (28/6/2020) Malam. Sebelum video itu buru-buru dihapus.

Video bernada rasis itu berisi pertikaian antara pengunjuk rasa anti-Trump dan para pendukungnya. Dalam video itu seorang pria meneriakkan “kekuatan (kulit) putih”.

Ungkapan “kekuatan (kulit) putih” identik dengan panggilan untuk supremasi kulit putih. Ungkapan itu telah dianut oleh neo-Nazi dan anggota Ku Klux Klan.

“Terima kasih kepada orang-orang hebat di The Villages,” cuit Presisden AS itu, ketika mengunggah klip video itu, seperti dilansir CNN.

BACA JUGA: Mahathir Punya Calon untuk Perdana Menteri

Namun, video itu dihapus setelah mendapat banyak protes keras. ia mengunggah video itu pada pukul 7:30 pagi dan dihapus sekitar pukul 11:00 waktu setempat.

Menanggapi hal ini, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan kalau presiden tidak mendengar teriakan “kekuatan (kulit) putih” sebelum mengunggah video tersebut.

“Presiden Trump adalah penggemar berat The Villages. Dia tidak mendengar satu pernyataan yang dibuat di video,” kata juru bicara Gedung Putih, Judd Deere.

Rekaman itu, diperkirakan diambil di sebuah komunitas pensiunan Florida. Dalam video diperlihatkan seorang pria tengah mengendarai kereta golf bertuliskan “Trump 2020” dan “America First”. Ia lantas diejek oleh pengunjuk rasa pinggir jalan yang meneriakkan “rasis.”

Video ini mendapat tanggapan dari lawan politiknya dalam pemilihan presiden AS.

“Hari ini Presiden mencuitkan video tentang orang-orang yang berteriak ‘kekuatan putih’ dan mengatakan mereka ‘hebat’,” cuit calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

(Agung)

Artikel Lainnya

Pilkada Pangandaran, ASN Diingatkan Tetap Netral

PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Menjelang Pilkada Pangandaran 2020, Pemkab Pangandaran mendeklarasikan...

Positif Covid-19, Ketua KPU RI Jalani Isolasi Mandiri

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pejabat negara kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Kali ini, virus yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan, pneumonia berat, hingga kematian ini menimpa Ketua Komisi Pemilihan...

4 Hari Berturut-turut Saham Prancis Untung

PARIS,FOKUSJabar.id: Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari keempat berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek...

Gegara ini, Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Dipanggil Bawaslu

PANGANADARAN, FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran memanggil satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pangandaran berinisial SU. SU yang diketahui merupakan kepala dinas...

Covid-19 Meningkat, Garut Berlakukan PSBM

GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Garut,Jabar, Rudy Gunawan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dengan melakukan lockdown di...

Yayasan RS Garut Salurkan 1.000 Paket Sembako Kemensos

GARUT,FOKUSJabar.id: Yayasan Ratnasari Soebardi (RS) Garut, Jabar mendapat amanah dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) 1.000 paket sembako bagi masyarakat kurang...

Arkhan Ghifari Relawan Cilik Covid-19 dari Garut

GARUT,FOKUSJabar.id: Bocah berumur tiga tahun asal Garut, Jabar, Arkhan Ghifari Dzakiandra hebohkan Dunia Maya (Dumay), khususnya pengguna Instagram (IG) melalui tayangan media audiovisual-nya. Video yang...