spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Dikecam, Trump Cepat-cepat Hapus Cuitan Video Rasis

    WASHINGTON, FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sempat mengunggah video kontroversial terkait rasisme di Twitter, Minggu (28/6/2020) Malam. Sebelum video itu buru-buru dihapus.

    Video bernada rasis itu berisi pertikaian antara pengunjuk rasa anti-Trump dan para pendukungnya. Dalam video itu seorang pria meneriakkan “kekuatan (kulit) putih”.

    Ungkapan “kekuatan (kulit) putih” identik dengan panggilan untuk supremasi kulit putih. Ungkapan itu telah dianut oleh neo-Nazi dan anggota Ku Klux Klan.

    “Terima kasih kepada orang-orang hebat di The Villages,” cuit Presisden AS itu, ketika mengunggah klip video itu, seperti dilansir CNN.

    BACA JUGA: Mahathir Punya Calon untuk Perdana Menteri

    Namun, video itu dihapus setelah mendapat banyak protes keras. ia mengunggah video itu pada pukul 7:30 pagi dan dihapus sekitar pukul 11:00 waktu setempat.

    Menanggapi hal ini, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan kalau presiden tidak mendengar teriakan “kekuatan (kulit) putih” sebelum mengunggah video tersebut.

    “Presiden Trump adalah penggemar berat The Villages. Dia tidak mendengar satu pernyataan yang dibuat di video,” kata juru bicara Gedung Putih, Judd Deere.

    Rekaman itu, diperkirakan diambil di sebuah komunitas pensiunan Florida. Dalam video diperlihatkan seorang pria tengah mengendarai kereta golf bertuliskan “Trump 2020” dan “America First”. Ia lantas diejek oleh pengunjuk rasa pinggir jalan yang meneriakkan “rasis.”

    Video ini mendapat tanggapan dari lawan politiknya dalam pemilihan presiden AS.

    “Hari ini Presiden mencuitkan video tentang orang-orang yang berteriak ‘kekuatan putih’ dan mengatakan mereka ‘hebat’,” cuit calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img