Selasa 22 September 2020

Warga Pelosok Girang, Masjid Bersejarah Akhirnya Tersentuh Renovasi

GARUT, FOKUSJabar.id: Yayasan Masjid Nusantara (YMN) kembali terjun untuk membangunkan masjid tidak layak yang berada di pelosok. Kali ini, tim YMN menyambangi Desa Selaawi, Kec. Talegong, Kab. Garut, untuk membangunkan sebuah masjid yang kondisinya cukup memprihatinkan. Warga sekitar pun senang bukan kepalang. Masjid Jami Al-Jihad yang sudah berdiri sejak tahun 1960 itu akhirnya dibangun ulang.

Direktur Masjid Nusantara, Pras Purworo mengatakan untuk menjangkau masjid tersebut tim harus melakukan perjalanan yang cukup panjang. Jika ditempuh dari Garut Kota, dibutuhkan waktu 8 jam perjalanan. Medan yang dilaluinya pun cukup terjal.

“Alhamdulillah, tim akhirnya sampai ke Desa Selaawi di Talegong Garut untuk membangunkan masjid yang diamanahi oleh donatur. Meski menempuh jarak yang cukup jauh, tapi inilah bentuk konsistensi kami sebagai lembaga profesional pembangun dan pemakmur masjid, yang jangkauannya hingga ke pelosok nusantara,” kata Pras seusai peletakan batu pertama masjid, Senin (29/06/2020).

Masjid Al-Jihad di Desa Selaawi, Kec. Talegong, Kab. Garut sebelum di rubuhkan (masjidnusantara.org)

Masjid Al-Jihad merupakan masjid bersejarah yang dibangun sejak 6 dekade lalu. Selama puluhan tahun masjid belum tersentuh renovasi. Ekonomi masyarakat yang rendah membuat mereka kesulitan mengumpulkan dana renovasi. Sebelum akhirnya, tim Masjid Nusantara datang untuk mewujudkan keinginan masyarakat.

BACA JUGA: PKB Garut: Pesantren Tumbuhkan Ekonomi Global

“Saya mewakili warga Desa Salaawi sangat senang dengan kehadiran tim Masjid Nusantara yang datang tanpa diduga untuk membangunkan masjid di kampung kita ini. Awalnya, kami tidak percaya dengan kejutan ini. Tapi inilah rejeki dari Allah yang tidak diduga,” kata Kepala Desa Salaawi, Karna Sutisna.

Warga bersyukur, ada bu Deny Pujilestari, donatur Masjid Nusantara yang mendermakan rezekinya untuk merenovasi masjid di Desa Selaawi. Bu Deny sendiri mengatakan keinginannya membangunkan masjid tersebut untuk almarhumah ibunda.

Pembangunan Masjid di Desa Selaawi ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Desa dan para tokoh masyarakat, Senin (29/06/2020). (Istimewa/masjidnusantara.org)

“Semasa hidup, almarhumah pernah berbincang, untuk membangun masjid yang nantinya bisa berguna dan bermanfaat bagi orang banyak. Alhamdulillah, atas izin Allah, akhirnya saya bisa mewujudkan keinginannya. Berangkat dari situlah saya menghubungi tim Masjid Nusantara untuk membangun masjid atas nama almarhum ibunda saya, yaitu Masjid Nurul Hayati,” kata Bu Deny.

“Terima kasih kepada tim Masjid Nusantara yang telah merekomendasi dan mengimplementasikan pembangun masjid ini, semoga Allah lancarkan pembangunannya. Dan warga bisa memakmurkannya,” tutupnya.

(Vetra)

Artikel Lainnya

Episode Terakhir Drama Korea Flower of Evil

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Drama Korea Flower of Evil yang di...

Arkhan Ghifari Relawan Cilik Covid-19 dari Garut

GARUT,FOKUSJabar.id: Bocah berumur tiga tahun asal Garut, Jabar, Arkhan Ghifari Dzakiandra hebohkan Dunia Maya (Dumay), khususnya pengguna Instagram (IG) melalui tayangan media audiovisual-nya. Video yang...

Spesifikasi Realme 7 dan 2 Kompetitornya

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Realme resmi merilis ponsel seri terbaru, Realme 7. Dibekali konfigurasi quad-camera dengan lensa utama 64MP dan teknologi NFC, Realme 7 memiliki dua kompetitor. Ini...

Sekda: Tidak Ada Kompromi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan bahwa tidak ada lagi ruang kompromi bagi para pelanggar protokol kesehatan. Hal itu ditegaskan Sekda...

PMI Bogor Punya Tim Penanganan Jenazah Covid-19

BOGOR,FOKUSJabar.id: Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor membentuk tim penanganan jenazah pasien Covid-19 di 416 desa se-Kabupaten Bogor, Jabar. Hal ini dalam rangka peringatan...

Komunitas Skateboard Ciamis Minta Pemerintah Bangun Skatepark

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komunitas Skateboard Ciamis minta Pemerintah lebih peka memperhatikan fasilitas untuk aktivitas komunitas di Ciamis. Salah satunya fasilitas sketepark ataupun setidaknya obstakel untuk komunitas skateboard...

Tak Pakai Masker, Masyarakat Kota Banjar Lebih Takut Kena Razia

BANJAR,FOKUSJabar.id: Kesadaran masyarakat Kota Banjar akan kewajiban memakai masker saat keluar rumah ditengah pandemi Covid-19, dinilai masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat...