spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    PKB Garut: Pesantren Tumbuhkan Ekonomi Global

    GARUT, FOKUSJabar.id: Anggota DPRD Kabupaten Garut, Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Aji Kurnia menegaskan, peranan ekonomi pesantren di Indonesia bisa mewujudkan atau mendongkrak pertumbuhan ekonomi global.

    Menurut dia, peranan pesantren kini tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, tetapi bisa bertindak lebih sebagai penopang ekonomi rakyat.

    “Pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren akan menjadi penopang ekonomi global,” kata Aji di Pesantren Al Mansuriah, Kecamatan Leuwigoong saat reses masa sidang II tahun 2020.

    Dia menyebut, Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut memiliki pesantren unggulan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Sambung Aji, program kemandirian pesantren yang ditempuh didasari oleh kekuatan pesantren sebagai basis arus ekonomi.

    BACA JUGA: Pelaku Seni di Pakenjeng Garut Minta Wakil Rakyat Demokrat Fasilitasi Sanggar

    Sumber Daya Manusia (SDM) pesantren yang memiliki jumlah dan ikatan komunitas yang kuat tentunya memiliki potensi sebagai sumber permintaan dan produksi berbagai kegiatan ekonomi.

    Daya juang pesantren yang tinggi sambung Aji, berpotensi besar jika dikolaborasikan dengan kemampuan kewirausahaan dan konsep pemberdayaan ekonomi pesantren sebagai bagian dari ibadah.

    Kunci kemandirian pesantren ada pada pendirian unit usaha dan komunikasi bisnis antarpesantren untuk pemenuhan kebutuhan dan pembinaan dari pesantren yang sudah maju. Hal itu terwujud dalam program kemandirian yang dijalankan.

    Dia berharap, program pengembangan kemandirian pesantren dapat mendorong pesantren sebagai penggerak utama dalam ekonomi.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img