spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Car Free Day Belum Diizinkan di Kota Bandung, Ini Alasannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Meski sudah memasuki fase Adabtasi Kebiasaan Baru (AKB), Polrestabes Bandung belum merencanakan mengadakan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di Kota Bandung.

    Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, saat ini pihaknya menilai kegiatan tersebut belum memungkinkan untuk kembali digelar.

    “Belum kita terapkan, situasinya belum memungkinkan,” ucap Bayu, Sabtu (27/6/2020).

    Menurutnya, kegiatan tersebut perlu didiskusikan lebih lanjut dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Sejauh ini, kegiatan car free day belum menjadi salah satu sektor yang dilonggarkan.

    BACA JUGA: Polrestabes Bandung Tetap Lakukan Penutupan Jalan di Malam Akhir Pekan 

    Selain itu, pihaknya tetap mengimbau masyarakat yang bersepeda pada akhir pekan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, banyak masyarakat yang kerap mengisi waktu hari Minggu pagi dengan bersepeda.

    “Jadi harus menerapkan protokol kesehatan sama jaga jarak, itu yang kita harapkan. Kita kan memasuki AKB, nah yang menjadi protokol kesehatan itu harus dipatuhi,” katanya.

    Sementara Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kegiatan car free day belum diadakan karena mencegah kerumunan masyarakat.

    “Tanpa car free day pun kerumumnan tetap ada. Kemarin evaluasi PSBB proporsional yang kedua kita rekomendasikan nanti dulu. Kita melihat ada euforia khususnya sepeda juga, car free day dominan orang yang pakai sepeda,” kata Yana.

    Menurutnya, fase AKB bukan momen untuk mengendorkan kewaspadaan akan ancaman Covid-19. Karena ancaman Covid-19 akan tetap ada apabila protokol kesehatan tidak dijalankan.

    “Euforia seolah-olah ini sudah normal, kemarin kita tutup lagi jalan, walau sudah AKB. Itu juga menjadi pengingat kepada warga,” tegasnya.

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img