spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Jelajah Objek Wisata Saat New Normal, Ini Tipsnya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Seiring dengan penerapan new normal atau adaptasi kebiasan baru (AKB), sejumlah objek wisata pun akan segera dibuka. Namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama menjalani traveling.

    Corporate Strategic & Marketing Communication Best Hostels Indonesia, Juanito Alfa Nanlohy pun membagi tips melakukan traveling ke sejumlah objek wisata selama masa normal baru.

    Siapkan dokumen
    Sebelum memesan tiket atau melakukan booking hostel pilihan, alang baiknya mencari informasi resmi dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah. Selain itu, cari pula informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus disiapkan jika ke daerah yang dituju.

    New Normal, New Rules
    Dengan adanya new normal ini, akan banyak peraturan dan protokol dalam berwisata. Pastikan sudah mencari tahu infonya. Peraturan bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

    Solo Traveling atau Staycation
    Situasi pandemi bisa jadi membuat petualangan lebih seru. Anda bisa memilih staycation di mana bisa memesan tempat menginap dengan fasilitas yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan tanpa harus keluar kota menuju ke objek wisata.

    BACA JUGA: Besok, Taman Satwa Cikembulan Dibuka untuk Umum 

    Gunakan kendaraan pribadi
    Liburan tidak harus ke tempat jauh atau ke luar kota yang mengharuskan naik transportasi umum. Jelajahlah kota tempat tinggal dan cari tempat tempat unik yang belum pernah dikunjungi. Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

    Hand Sanitizer
    Untuk menjaga agar tetap higienis, hand sanitizer adalah barang yang wajib dibawa. Selain itu, siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan disinfektan. Siapkan juga obat-obatan pribadi serta rutin konsumsi vitamin.

    Bawa Peralatan Pribadi
    Perlalatan pribadi yang wajib dibawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sendal, serta handuk. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di objek wisata, namun menggunakan peralatan sendiri tetap lebih baik.

    Gunakan Masker
    Ke manapun tujuannya, masker adalah barang yang wajib dipakai. Selain mencegah penyebaran Covid-19, menggunakan masker membantu terhindar dari debu dan polusi selama perjalanan.

    BACA JUGA: Objek Wisata di Belitung Akan Dibuka 1 Juli 

    Hindari Destinasi Ramai
    Setelah banyak objek wisata dibuka, pasti akan ramai. Usahakan tetap jeli memilih tujuan wisata atau datang lebih awal. Jika terlanjur, maka tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

    Transaksi non Tunai
    Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus. Karena itu, minimalisir penggunaan uang cash dalam bertransaksi. Manfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan tempat wisata.

    Istirahat yang Cukup
    Liburan yang menyenangkan pasti dilengkapi perjalanan yang melelahkan. Istirahatkan mata dari gadget dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img