spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Emil: Delapan daerah Jabar laksanakan pilkada dengan AKB

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) delapan daerah di Jabar akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Rabu (17/6/2020).

    Kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

    “Protokol kesehatan diperhatikan. Dibuat aturan jika (Zona) Merah (protokol kesehatan Pilkada) seperti apa, (Zona) Kuning dan (Zona) Hijau seperti apa,” kata Emil.

    “Jadi nanti kalau kenyataannya (wilayah) masih (Zona) kuning, tentu berbeda dengan pelaksanaan kampanye di Zona Biru,” tambahnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Rifqi Ali Mubarok menjelaskan, pihaknya dan Gugus Tugas Jabar akan menyusun panduan pemilihan di masa AKB.

    Panduan tersebut akan mengatur penerapan protokol kesehatan pada kegiatan tahapan Pilkada, seperti kampanye dan rapat umum.

    “Jadi sekarang istilahnya Pemilihan dengan AKB. Nanti akan diatur bagaimana kampanye rapat umum dilakukan dengan protokol kesehatan, kampanye tatap muka terbatas, kampanye tertutup, dan lain sebagainya, termasuk juga rapat pleno terbuka sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Rifqi.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Pertimbangkan Relaksasi Resepsi Pernikahan

    Terkait mekanisme AKB , Rifqi mengatakan beberapa alternatif seperti menambah jumlah alat coblos hingga penggunaan sarung tangan sekali pakai bagi para pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    Selain itu, Rifqi mengatakan bahwa pihaknya akan mengurangi kuota per TPS, mengatur durasi pemungutan suara, serta jarak antar bilik di TPS guna menghindari kerumunan masyarakat.

    (Agung/AKB)

    Berita Terbaru

    spot_img