spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Mitra Merchant Percepat Transformasi UMKM Digital

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Mendorong percepatan transformasi digital para pelaku UMKM di Indonesia sekaligus mempersiapkan menghadapi era new normal Grab luncurkan aplikasi khusus mitra merchant.

    Sebagai all-in-one platform, aplikasi ini menawarkan serangkaian fitur dan layanan digital yang komprehensif untuk membantu para pelaku UMKM menjalankan bisnis online secara menyeluruh.

    Aplikasi ini pun membantu mendorong efisiensi biaya operasional mereka. Terlebih di web portal GrabMerchant juga disediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan. 

    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan bahwa UMKM adalah sektor yang menjaga perekonomian Tanah Air tetap berputar.

    “Kita harus memastikan keberlangsungan bisnis mereka di tengah masa transisi ke arah tatanan kehidupan baru pasca-pandemi virus Corona,” kata Teten yang hadir dalam konferensi pers digital.

    BACA JUGA: Covid-19, Menkop Ajak Pelaku UMKM Berinovasi

    Menurut dia, Covid-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi, dimana UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital bisa terus beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    “Bahkan bisa meminimalisasi dampak pandemi terhadap bisnis mereka. Platform GrabMerchant terbaru dari Grab adalah inovasi yang sangat dibutuhkan saat ini, dan akan sangat membantu mempercepat transformasi digital para UMKM di Indonesia sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital,” kata dia.

    Sementara itu Managing Director Grab Indonesia Neneg Goenadi mengatakan, Covid-19 telah menyebab perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia.

    “Hal itu pulalah yang memicu terciptanya berbagai inovasi di Indonesia sekaligus menimbulkan risiko semakin lebarnya kensenjangan digital.Terlebih saat ini, kata dia, UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sebagian besar masih offline,” kata Neneng.

    Menurut dia, para pelaku UMKM harus segera bertransformasi ke digital jika tidak mau tertinggal jauh. Platform GrabMerchant ini merupakan salah satu wujud dari komitmen jangka panjang ‘Grab for Good’ dalam membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia.

    “Aplikasi ini menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online secara mandiri,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img