spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Covid-19, Menkop Ajak Pelaku UMKM Berinovasi

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang mewabah di 209 negara, tidfak hanya mengancam nyawa, tetapi berdampak juga pada perekonomian.

    Oleh karena itu, Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki mengajak para pelaku UMKM inovatif dalam berusaha dan menangkap peluang yang ada. Strateginya, berinovasi dalam produk dan usaha.

    “Dalam masa pandemi Covid-19, strategi yang paling penting adalah inovasi produk, inovasi usaha dengan menangkap peluang pasar yang ada. Digitalisasi sangat penting di masa ini agar UKM dapat menguasi pasar domestik dalam negeri,” kata Teten Masduki dalam acara Webinar Unpad  ‘Strategi Survival di Masa Pandemi Covid-19, upaya adaptasi UMK,” Jumat (15/5/2020).

    BACA JUGA: Covid-19, Alumni Akabri 94 Jabar Bagikan Sembako di Sindangkerta KBB

    Jika hal itu dikombinasikan dengan kerja sama antarberbagai pemangku kepentingan, maka permintaan terhadap produk UMKM lokal akan naik secara signifikan.

    Terkait program Bantuan Sosial (Bansos), Teten optimsitis hingga September mendatang daya beli masyarakat akan naik. Terlebih jika diintegrasikan dengan program sembako murah. 

    Kata dia, pihaknya bekerja sama dengan platform daring Hukumonline dan Justika untuk memberikan pendampingan dan konsultasi hukum kepada koperasi dan UMKM secara gratis. Karenanya, dia mengajak para pelaku UMKM untuk tetap berinovasi dan tetap semangat.

    “Saat ini waktunya untuk saling menebar kesetiakawanan sosial dan mewujudkan usaha di masa sulit ini,” tegas Teten.

    (Bam’s/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img