spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Ini Catatan Lalu Lintas Waze Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Terjadi penurunan tren Lalu Lintas selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu berdasarkan catatan platform navigasi Waze.

    “Ramadan 1441 H/2020 merupakan pengalaman yang tidak biasa bagi masyarakat Indonesia. Alhasil ada penurunan tren Lalu Lintas,” kata Country Manager Waze Indonesia, Marlin Siahaan, Kamis (11/6/2020).

    Waze mendapatkan data berdasarkan laporan komunitas yang memantau tren lalu lintas di Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan dan Tangerang selama Ramadhan dan libur Lebaran tahun ini.

    BACA JUGA : Tol Layang Jakarta-Cikampek Kembali Dibuka

    Rata-rata kilometer yang ditempuh di wilayah Jakarta turun sebesar 72 persen karena PSBB. Angka tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan wilayah lainnya. Tangerang turun 70 persen, diikuti Bekasi 60 persen dan Tangerang Selatan 55 persen.

    Penurunan tren lalu lintas juga terjadi saat libur Hari Raya Idul Fitri, yang jatuh pada 24 Mei, karena pembatasan mudik dan imbauan untuk shalat Idul Fitri di rumah.

    Dibandingkan dengan rata-rata kilometer harian global pada periode dua minggu di Februari (11-25 Februari), Bekasi mengalami penurunan sebesar 72 persen, lebih besar dibandingkan Jakarta yang berada di angka 72 persen. Sementara Tangerang Selatan turun 53 persen dan Tangerang turun 38 persen.

    (Bam’s/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img