spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Menabung di Bank Sampah Solusi Ekonomi saat Pendemi Covid-19

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Dinas Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Jawa Barat menginisiasi pengelolaan sampah melalui Bank Sampah dan Magot yang tersebar di wilayah Kabupaten Ciamis.

    Inovasi tersebut memberikan sebuah solusi bagi masyarakat untuk memperoleh penghasilan di tengah lesunya ekonomi akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). 

    Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan, menabung melalui bank sampah memiliki nilai ekonomi tinggi saat pandemi, seperti ini dampak Work from Home Di Rumah Saja membuat volume limbah rumahan meningkat.

    BACA JUGA : Bank Dunia: Penduduk Miskin RI akan Bertambah 9,6 Juta Orang

    “Di beberapa wilayah Ciamis, ada masyarakat yang mendapatkan uang hingga jutaan rupiah ketika dia rajin menyetorkan sampahnya ke bank sampah ,” ucapnya, Kamis (4/6/2020). 

    Peningkatan jumlah sampah rumah tangga dapat menjadi peluang bagi semua pihak untuk menambah penghasilan.

    “Sepeti halnya  jenis sampah plastik, kardus, kertas, besi, dan sisa – sisa makanan juga dapat menjadi nilai ekonomi tinggi yang  dikonversikan menjadi uang ketika di setorkan ke bank sampah  ,”jelasnya. 

    Taufik menyampaikan, manfaatkan inovasi pengelolaan sampah melalui bank sampah dan Magot untuk menjadi penopang Perekonomian masyarakat.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img