Selasa 22 September 2020

Pemkot Bandung Lakukan Simulasi New Normal di Tiga Mal

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengecek simulasi new normal atau kebiasaan baru di sejumlah toko-toko yang berada di dalam mal. Pengecekan bakal dilakukan terhadap 23 mal di Kota Bandung dari Selasa (2/6/2020) sampai Jumat (5/6/2020) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan pihaknya telah memantau simulasi new normal atau kebiasaan baru di PVJ, BIP dan BEC. Dalam pengecekan simulasi  tersebut, pihaknya membagi menjadi dua tim.

BACA JUGA: PSBB Proporsional, Pemkot Bandung Antisipasi Gelombang Wisatawan

“Saya lihat hari ini di PVJ dan BIP secara umum cukup puas dengan kesiapan pengelola mal dengan berbagai variasi, inovasi dan kreativitas (kebiasaan baru),” ujar Ema usai meninjau mal Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020).

Ema mengatakan, pengelola PVJ dan BIP sudah menerapkan kebiasaan baru di masa new normal. Pengelola menyiapkan pencuci tangan, pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung, petugas menggunakan masker, face shield dan sarung tangan.

“Di setiap pintu, diwajibkan ada protokol kesehatan,” tambahnya.

Eman mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu seluruh mal dan jika sudah sesuai standar di era new normal maka bisa dibuka. Namun kebijakan pembukaan merupakan kewenangan Wali Kota Bandung.

Ema menegaskan jika terdapat toko-toko di mal yang melanggar, maka akan ditegur dan jika tetap berulah maka pengelola mal yang ditegur. Ia berharap pengelola mal secara berkala melakukan rapid tes kepada para pegawainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan apabila mal boleh beroperasi berdasarkan evaluasi simulasi new normal di 23 mal maka beberapa tempat yang tetap tidak boleh dibuka yaitu bioskop, tempat mainan anak, dan spa.

“Semua tenant boleh dibuka dengan kapasitas 30 sampai 50 persen pengunjung,” ungkapnya.

Elly mengatakan, pihaknya akan mengecek simulasi new normal mal hingga Jumat mendatang. Hasilnya akan dilaporkan Sekda Bandung ke Wali Kota Bandung.

“Nanti pak sekda melaporkan kebijakan, apakah boleh tidak usah menunggu PSBB proposional tidak beres? Dilihat hasil simulasi 23 mal (kebijakannya) ada di wali kota,” tegasnya.

(Yusuf Mugni/ars)

Artikel Lainnya

Epic Games Gratiskan Football Manager 2020, Gercep Download!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Epic Games Store kembali membagikan game gratis mereka...

Puskesmas Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Ditutup

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa menutup sementara Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Singaparna dan Sukahening, menyusul hasil swab...

KPK Kembali Panggil Saksi, Kasus Kota Banjar

BANJAR,FOKUSJabar.id: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil saksi penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi (TPK) terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar...

KPK Periksa 4 Orang Saksi Kasus Suap MA

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Plt Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, penyidik telah mengonfirmasi saksi Nurfaizah dari unsur swasta terkait kepemilikan mobil milik...

Ciamis Jadi Pemasok Ayam dan Telur bagi Kota Bogor

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis bersama Kota Bogor bersinergi mengatasi inflasi sekaligus membangun perekonomian kedua daerah. Sinergi dituangkan melalui perjanjian kerjasama (PKS) dalam bentuk penyediaan pangan...

Saham Prancis Untung 3 Hari Beruntun

PARIS,FOKUSJabar.id: Saham-saham Prancis berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa (15/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari ketiga berturut-turut, dengan indeks acuan CAC 40 di Bursa Efek...

Kapolsek Padaherang Minta Masyarakat Waspada Kebakaran

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Kapolsek Padaherang, Iptu Aan Supriatna mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran. Baik itu kebakaran rumah maupun lahan kosong. Pasalnya, pada saat musim kemarau...