spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Baru 13 Tahun, Jack Rico Sudah Raih 4 Gelar Sarjana

    CALIFORNIA, FOKUSJabar.id: Penampilan Jack Rico layaknya remaja pada umumnya yang menyukai video games. Namun, remaja berusia 13 tahun asal California ini punya kelebihan lain dengan menyandang empat gelar sarjana.

    Dikutip dari CNN, Kamis (28/5/2020) waktu setempat, Jack Rico berhasil menyelesaikan empat gelar sarjananya hanya dalam waktu dua tahun. Rico baru saja lulus dari Fullerton College, California, pada pekan lalu. Rico pun menjadi lulusan termuda dalam 107 tahun sejarah kampus tersebut.

    Menyelesaikan satu jurusan studi mungkin cukup sulit bagi sebagian orang, tapi tidak bagi remaja berparas bayi tersebut. Rico mendapatkan gelar associate degree dalam sejarah, ekspresi manusia, perilaku sosial dan ilmu sosial sekaligus sukses mempertahankan IPK 4.0.

    BACA JUGA: New Normal, Disdikbud Lampung Siapkan Skema Pembelajaran 

    “Saya suka belajar hal-hal baru. Saya suka mengetahui lebih banyak tentang dunia dan semua hal berbeda yang bisa kita pelajari,” ujar Rico.

    Rico mengaku tidak ada rahasia untuk mencapai prestasi yang sudah diraihnya. Manajemen waktu yang lama dan mendengarkan apa yang dikatakan pembimbing, diakui Rico sebagai rahasia keberhasilannya.

    Namun Rico terpaksa batal merayakan wisuda empat gelar sarjananya. Pasalnya, pandemi virus corona membuat pihak kampus membatalkan upacara kelulusan.

    “Saya sedikit sedih dan kecewa karena tidak pernah memiliki upacara kelulusan,” akunya.

    Fullerton College sendiri adalah salah satu dari 112 perguruan tinggi di California Community Colleges System dan memiliki sekitar 21 ribu mahasiswa dari berbagai latar belakang. Rektor Fullerton College, Greg Schulz mengatakan jika Rico adalah seorang mahasiswa yang berbeda dari yang lain.

    “Tidak lazim mendapati mahasiswa muda mengikuti kelas, jadi Jack (Rico) cukup terkenal di kampus. Jack bijak melebihi usianya, dan saya sangat senang dia menemukan rumah dan tempat untuk menjadi yang terbaik di Fullerton College,” tutur Greg.

    Jack Rico
    Jack Rico bersama kedua orang tuanya. (FOTO/CNN)

    Sang ibu Rico, Ru Andrade menuturkan jika dirinya sudah mengetahui jika putranya spesial sejak masih kecil. Bahkan saat akan merayakan ulang tahun keempatnya, Rico meminta sesuatu yang tak lazim dibanding anak seusianya. Alih-alih meminta mainan atau berkunjung ke taman bermain, Rico justru ingin melihat Gedung Putih.

    “Saya mengatakan kepadanya, itu adalah perjalanan yang sangat besar untuk anak berusia tiga tahun. Sambil bercanda, aku berkata, ‘Jika kamu bisa menghafal semua presiden, aku akan membawamu,” ujar Andrade.

    Seminggu kemudian, Rico mendatangi ibunya. Jawaban mengejutkan pun diberikan oleh sang anak istimewa, Jack Rico.

    “Dia berkata, ‘Saya sudah tahu para presiden, tetapi saya menghafal semua wakil presiden sehingga kami bisa pergi’. Jadi saat itulah saya tahu, ‘Oh, kamu sudah lebih pintar dari aku,” tegasnya.

    Meski sudah menyandang empat gelar, Jack Rico nampaknya masih ‘haus’ akan ilmu pengetahuan. Langkah selanjutnya yang akan diambil remaja 13 tahun ini yakni melanjutkan studi sejarah di Universitas Nevada, Las Vegas.

    “Saya (masih) 13 tahun sekarang, jadi saya tidak benar-benar memiliki seluruh masalah. Saya masih mencoba untuk mengeksplorasi minat saya dan belajar apa yang ingin saya lakukan dalam hidup,” tegas Rico.

    Dan selama liburan musim panas, sarjana termuda Fullerton College itu mengaku akan kembali menghabiskan waktu dengan video games-nya.

    (ars)

    Berita Terbaru

    spot_img