spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Moeldoko: Jika Tidak Dibantu, Covid-19 Sulit

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut pemerintah akan kesulitan menghadapi pandemi Covid-19 tanpa keterlibatan masyarakat secara aktif sesuai dengan kapasitas mereka masing-masing.

    “Tanpa keterlibatan masyarakat, pemerintah akan kesulitan menghadapi pandemi seperti saat ini,” kata Kepala Staf Presiden Moeldoko dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/5/2020).

    Oleh karena itu, dia mengapresiasi semua gerakan inisiatif masyarakat yang bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak warga terlibat secara aktif dalam upaya melawan Covid-19. Dirinya mengapresiasi para pegiat literasi di berbagai daerah yang menyambut baik saat diajak dalam gerakan 10 Rumah Aman.

    “Alhamdulillah program 10 Rumah Aman saat ini sudah ada di beberapa kota dan tersebar di seluruh nusantara. Masing-masing menyesuaikan dengan kapasitasnya masing-masing,” kata Moeldoko.

    Program 10 Rumah Aman diinisiasi Kantor Staf Presiden dan saat ini terus berkembang di berbagai daerah. Di Madiun, Jawa Timur, misalnya dimotori oleh Tatok Raya, warga RT 42/RW13, Kelurahan Taman, Madiun, yang rutin membagikan sembako secara gratis kepada masyarakat terdampak Covid-19.

    BACA JUGA: Pemeritah Kabupaten Harus Siapkan Skenario “The New Normal”

    Diketahui 10 Rumah Aman merupakan sebuah aplikasi yang telah diluncurkan oleh pemerintah. Peluncuran aplikasi ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid-19 yang telah menyebar di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan untuk masyarakat sebagai upaya pemerintah.

    Pemanfaatan teknologi memang sangat diperlukan saat ini. Sebab, musuh yang harus dilawan tidak kasat mata dan masuk dalam kategori penyakit. Keberadaan pandemi ini memang sangat mengkhawatirkan. Terlebih lagi banyak orang yang sudah terjangkit virus ini.

    Kemunculan sebuah aplikasi kesehatan ini didukung oleh kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian didukung pula oleh Kantor Staf Presiden (KSP). Setelah resmi diluncurkan, masyarakat bisa langsung menggunakannya.

    (AS/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img