spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Tekan Kemacetan dan Polusi Udara, Pemkot Bandung Berlakuka Friday Car Free

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terapkan hari bebas kendaraan setiap Jumat atau Friday Car Free di lingkungan Balai Kota Bandung.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota BandungAsep Kuswara mengatakan, Jumat Bebas Kendaraan atau Friday Car Free tersebut merupakan program pemerintah untuk bisa memberikan contoh bagi warga Kota Bandung.

    “Friday Car Free atau Balai Kota bebas Kendaraan itu salah satu program dari pemerintah untuk masyarakat bahwa ASN juga bisa memakai transportasi umum,” kata Asep Kuswara, Jumat (17/5/2024).

    Selain itu, program tersebut juga sebagai langkah untuk mengurai kemacetan serta mengurangi polusi di sekitar kawasan Balai Kota Bandung.

    “Untuk mengurangi kemacetan dan itu supaya mengurangi polusi daerah,”ucapnya.

    Asep juga telah menyiapkan sejumlah transportasi untuk mengantarkan para ASN yang berkantor di Balai Kota Bandung dan di Jalan Cianjur.

    “Kami berada di lokasi pendopo. Kemudian kami juga sudah siapkan armada dan anggota untuk mengangkut karyawan atau ASN yang akan berkantor di Balai Kota Bandung. Salah satunya, terminal Cicaheum, Antapani, Leuwipanjang, Basemant Alun-alun, Gor Padjajaran, Terminal Ledeng dan PDAM. Untuk mengangkut para karyawan atau ASN yang ke Balai Kota dan ke daerah Jalan Cianjur,”katanya.

    Adapun jumlah kendaraan yang telah disiapkan sebanyak 10 kendaraan. Dari 10 kendaraan antara lain, Dishub Kota Bandung, Bagian Umum Kota Bandung, dan Dinas Ciptabintar.

    “Kurang lebih dari Dishub itu ada sekitar 5 kendaraan, dari Bagum, dari Ciptabintar, kurang lebih ada 10 lah,” katanya.

    Kendaraan yang Boleh Masuk Saat Friday Car Free

    Namun begitu Asep mengungkapkan, ada beberapa kendaraan yang boleh memasuki area Balai Kota Bandung. Antara lain, yang akan mengunjungi Puskesmas di Balai Kota Bandung.

    “Untuk ini kita punya pelayanan Puskesmas, ada yang sakit boleh masuk, tapi kalau yang lain itu tidak boleh,”ujarnya.

    Dengan adanya Friday Car Free teraebut, pihaknya tengah menyusuri seputaran jalan Wastukencana. Khawatir adanya parkir liar di area Balai Kota ataupun area lainnya.

    “Alhamdulillah, kami sudah menyisir seputaran jalan Wastukencana yang biasanya banyak parkir. Karena adanya Friday Car Free, alhamdulillah kosong untuk jalan Wastukencana,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza

    Berita Terbaru

    spot_img