spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Melahirkan di Tengah Covid-19, Hindari Hal ini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Persalinan di tengah wabah virus corona membuat para ibu hamil lebih waspada karena khawatir buah hati yang baru lahir tidak terinfeksi Covid-19.

    Dokter kandungan Mohammad Haekal menjelaskan langkah-langkah pencegahan saat dan setelah melahirkan agar bayi tidak terinfeksi virus corona.

    “Begitu lahir, hindari inisiasi menyusui dini (IMD),” kata Haekal.

    IMD adalah proses ketika bayi dibiarkan mencari sendiri puting susu ibunya ketika baru lahir. Bayi diletakkan di dada atau perut ibu, lalu dia secara alami akan mencari puting untuk menyusui. Dalam IMD, bayi bisa mendapatkan kolostrum, tetes ASI pertama kaya nutrisi berwarna kuning, yang bisa membantu bayi mencegah penyakit.

    BACA JUGA: Gegara Covid-19 Pasutri di Kota Banjar Pisah Ranjang

    Selain tidak menerapkan IMD, ibu juga diharuskan memakai masker ketika persalinan, baik normal maupun melalui operasi caesar. Bayi kemudian dimandikan untuk mengurangi risiko transmisi, dan kemungkinan akan diberikan penutup wajah oleh rumah sakit.

    “Ibu yang tidak terindikasi Covid-19 bisa menyusui seperti biasa,” kata dia.

    Bila terindikasi virus corona ringan atau sedang, ASI dapat diberikan dengan menggunakan masker N95, atau diperah dan diberikan melalui botol. “Kalau positif berat, tidak bisa kasih ASI,” kata dia.

    Selain itu, ibu yang terinfeksi  juga tidak boleh dirawat dalam satu ruangan bersama si bayi agar tak tertular.

    (As/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img