spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Penjahit Lakbok Ciamis Gelar Aksi Jahit APD untuk Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Muda mudi Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam paguyuban pematang sawah bahu membahu melawan pendemi Covid-19. Mereka bekerjasama dengan pendamping PKH, pendamping desa dan penjahit Kecamatan Lakbok membuat Alat Pelindung Diri (APD). 

    APD yang dibuat didanai secara swadaya dan dibagikan kepada masyarakat. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian bersama dalam pencegahan Covid-19. 

    BACA JUGA : Polres Ciamis Berikan Bantuan APD untuk Penanggulangan Covid-19

    Direktur Paguyuban Pematang Sawah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis Paiso mengatakan, solidaritas dipicu hasil survei di Puskesmas Sidaraharja dan Puskesmas Lakbok yang masih kekurangan APD. 

    “Selain itu masyarakat pun mulai susah mencari masker. Atas kondisi itu kita putuskan untuk membuat APD dan masker yang kemudian dibagikan gratis kepada tenaga medis dan masyarakat,” kata Paiso, Sabtu (9/5/2020). 

    Paiso juga menyatakan bahwa pihaknya berterimakasih kepada seluruh penjahit di Kecamatan Lakbok, yang mampu menjahitkan APD dan masker secara sukarela.

    Kemudian kaitannya dengan upaya antisipasi melonjaknya pemudik,

    Direktur Yayasan Masyarakat Pematang Sawah Hermanto mengatakan bahwa aksi ini dilakukan sebagai upaya antipasi melonjaknya pemudik menjelang lebaran nanti.  

    “Kami juga berterimaksih kepada seluruh donator yang sudah rela menyisihkan hartanya dalam aksi solidarits ini (jahit APD dan Masker),” kata dia.

    Sulaeman seorang penjahit asal Desa Baregbeb mengaku senang bisa berpartisipasi dalam aksi nyata ini. Dia berharap yang dilakukannya bisa meringankan beban tenaga medis dan pemerintah.

    “Semoga semua cepat membaik,” kata Sulaeman. 

    Pendamping desa kec. Lakbok sekligus anggota gugus tugas penanganan covid19 Kecamatan Lakbok Hirzuddin menyambut baik hal tersebut.

    Untuk diketahui, hingga hari ini sebanyak 82 APD sudah dibagikan kepada tenaga medis di Kecamatan Lakbok, dan sebanyak 200 masker dibagikan kepada masyarakat.  

    (Irfansyah/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img