spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Waduh! Ini Efek Sahur dengan Mie Instan Pada Tubuh

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mie instan kerap jadi pilihan menu saat orang-orang di masa sulit. Namun, harus diketahui Mie instan sebetulnya tidak cocok untuk dijadikan menu sahur disaat Ramadhan.

    dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, dari RS Mayapada Tangerang menjelaskan kandungan nutrisi yang ada pada mi instan hanya karbohidrat. Oleh karena itu bila nekat hanya sahur dengan mi instan maka kebutuhan gizi harian lain seperti protein, lemak, serat, dan vitamin tidak terpenuhi.

    “Kalau kita hanya makan karbohidrat, ya kita akan kekurangan gizi. Karena kita hanya dipenuhi oleh karbohidrat saja, itu tidak sehatnya dengan mi instan,” kata dr Hendra. seperti dilansir Detik.

    Baca Juga: Ini Tips Olahraga Saat Berpuasa 

    Mi instan juga umumnya termasuk ke dalam sumber pangan karbohidrat sederhana. Artinya tubuh bisa lebih cepat mencerna mi dan mendorong rasa lapar saat puasa.

    Ahli gizi dr Diana F Suganda, MKes, SpGK, lebih jauh menerangkan mi instan memiliki kadar garam yang tinggi. Efeknya tubuh akan lebih mudah kekurangan cairan.

    “Garam sifatnya menarik cairan. Kamu akan haus seharian. Makin haus, Makin dehidrasi,” kata dr Diana.

    Bila memang harus sahur dengan mi instan, para ahli menyarankan tambah lauk-pauk dan sayuran untuk menyeimbangkan kadar gizinya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img