spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Bakesbangpol Jabar Ajak Kabupaten/Kota Akselerasi Penanganan Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat untuk aktif mengakselerasi Penanganan virus corona (Covid-19) di wilayah nya masing-masing, mengingat keluar masuk masyarakat dari belum bisa dikendalikan. 

    Kembali masalah peratau yanga memaksakan mudik menjadi fokus untuk semua masyarakat tetap waspada, bahkan masyrakat yang ada di daerahnya juga masih bisa leluasa untuk berpergian dari daerahnya sendiri. 

    Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Herri mengatakan, dalam hal ini  Bakesbangpol yang berada di kabupaten/kota harus berperan aktif dalam pengendalian keluar masuk masyarakat dari daerah satu ke daerah lainnya. 

    “Bakesbangpol punya peranan penting dalam hal ini termasuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, memantau satgas – satgas penanganan covid 19 di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan,” kata Herri dari rilis yang diterima, Selasa (7/4/2020).

    Baca juga: Virus Corona Menyerang, KONI Kota Bandung Setop Operasional

    Selain itu, Bakesbangpol Kab/Kota juga harus mampu memberikan sosialisiasi protokol kesehatan pencegahan Covid19 terlebih dalam hal ketika ada masyarakat yang terjangkit positif covid 19 dan meninggal dunia, bersama sama dengan Tenaga Kesehatan memberikan penerangan bahwa yang meninggal karena Covid19 pasti oleh Pihak Rumah Sakit sudah dilakukan prosedure Pemulasaraan Jenazah sehingga aman untuk semua.

    “Penting juga untuk mengamankan area wilayah rumah duka untuk senantiasa aman dan terkendali, tidak memunculkan kepanikan dan memantau jalannya prosesi pemakaman mayat korban covid 19,” ujarnya. 

    Kendati demikian, Bakesbangpol juga harus mampu mengawal proses bantuan – bantuan yang didistribusikan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi serta donator yang peduli penanganan covid 19.

    “Dalam rangka memaksimalkan tugas pokok dan fungsi tersebut, saya akan memantau melalui Video Conference secara berkala dengan para kepala Badan/kantor kesatuan bangsa dan politik Kabupaten dan Kota se Jawa Barat,” ucapnya. 

    Herri menambahkan, bahwa pihaknya meminta jajaran Bakesbangpol kabupaten/kota  untuk memantau keberadaan stock pangan, terlebih kita sebentar lagi akan melaksanakan Ibadan puasa, seperti tahun tahun sebelumnya, ketika tidak ada pandemi covid tak jarang ada Orang Orang yang mengambil keuntungan dengan salah satu caranya adalah menimbun berbagai kebutuhan dasar pangan, apalagi kondisi seperti ini. 

    “Oleh karena itu saya mengajak dan menghimbau agar para kepala kesbangpol kab/kota se jawa barat memantau kondisi daerahnya agar situasi dan kondisi Daerah menjadi Kondusif,” tuturnya. 

    (As) 

     

    Berita Terbaru

    spot_img