spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Soal DOB Limbangan, 3 Legislator Senior Garut Sepakat

    GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Garut, Jawa Barat, Deden Sopian menyebut, Daerah Otonomi Baru (DOB) sangat baik untuk pengembangan wilayah dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

    Karenanya, dia menyambut baik aspirasi dari masyarakat Garut Utara (Gatra) yang sudah menggagasnya sejak delapan tahun yang lalu.

    “DOB adalah salah satu bentuk upaya menyejahterakan masyarakat dengan menggali semua potensi yang ada,” ucap Deden, Minggu (9/2/2020).

    Baca Juga: Warga Sukaluyu Garut Siap Bergabung dengan DOB Gatra

    Terlebih, pengusung DOB, Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) tidak memiliki keinginan politik praktis. Mereka hanya mengusung politik kesejahteraan.

    Menurut dia, banyak jalan menuju sejahtera. Diantaranya, melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), investor dan memperkecil garapan wilayah.

    Daerah yang wilayahnya terlalu luas sambung Deden, berdampak pada kemiskinan dan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

    “Sebagai wakil rakyat, tentunya saya akan mendukung keinginan warga yang diwakilinya. Kemarin sudah dilakukan penandatanganan pakta integritas. Teman-teman yang tidak hadir pun menyatakan dukungannya,” tegas Deden yang juga anggota Komisi 1 DPRD Garut ini.

    “Kami akan undang PM Gatra, Sekda, Bagian Pemerintahan dan unsur terkait lainnya untuk membahas administrasi yang jadi persyaratan. Insya Allah, tanggal 14 Pebruari juga ada rapat untuk membuat nota komisi yang akan disampaikan ke pimpinan DPRD,” sambung Deden.

    Deden menambahkan, Komisi 1 sudah menemui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DOB Gatra/Limbangan sudah tercatat.

    “Kami melihat potensi Gatra cukup besar dan siap lari laring kencang. Karenanya, jani Bupati akan saya tagih untuk segera membuat Nota Raperda pada pertengahan Bulan Maret dan dijadwalkan untuk persetujuan bersama DPRD Garut. Kalau bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit,” tegasnya.

    Sementara anggota Fraksi Partai Demokrat (PD), Mas Yayu Siti Sapuro menegaskan, aspirasi dari Komite Percepatan Pembangunan (KPP) DOB Limbangan akan diperjuangkan hingga tuntas dan mengusulkannya ke Komisi 1.

    “Saya akan usulkan ke Komisi 1 agar Hari Jadi Garut ke-207 menjadi momentum kembalinya sejarah Limbangan pusat Kabupaten.  Untuk itu, harus ada target waktu dan langkah yang tepat supaya DOB Limbangan segera di paripurnakan sebagai daerah persiapan,” imbuhnya.

    Senada disampaikan legislator tiga periode dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Juju Hartati. Dia mendukung penuh aspirasi tersebut. Terlebih, dia sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II (Gatra).

    “Saya sepakat dengan teman-teman yang lainnya. DOB Kabupaten Limbangan harus diperjuangkan sampai tuntas,” singkat Juju.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img