spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Bahaya! Malware Berkedok Dokumen dan Video Tentang Virus Corona

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Perusahaan Kaspersky menyatakan dokumen soal Virus Corona yang sengaja disisipi malware bisa berbahaya. Malware berbahaya mulai dari trojan hingga worm tersebut ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx soal virus corona.

    Kaspersky menjelaskan malware virus corona bisa menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

    Nama-nama file menyiratkan bahwa dokumen berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya dan bahkan prosedur deteksi virus. Padahal dokumen ini tidak berisi hal yang disiratkan, malah berisi malware.

    “Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona,” ujar analis malware Kaspersky Anton Ivanov, seperti dilansir CNN, Senin (3/2/2020).

    Produk Kaspersky mendeteksi file terkait “coronavirus” dengan nama-nama sebagai berikut:

    Worm.VBS.Dinihou.r
    Worm.Python.Agent.c
    UDS:DangerousObject.Multi.Generic
    Trojan.WinLNK.Agent.gg
    Trojan.WinLNK.Agent.ew
    HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
    HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

    “Coronavirus, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber,” ujar Ivanov.

    Ivanov menduga jenis malware berkedok dokumen soal Virus Corona bisa bertambah banyak. Sebab Virus Corona hingga saat ini merupakan bahan pembicaraan yang sedang populer.

    “Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah,” ujarnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img