spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Raih TPAKD Award 2019, Pemprov Jabar Ingin Turunkan Ketimpangan

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar meraih penghargaan sebagai Pendorong Akses Keuangan Melalui Sektor Unggulan Daerah Tingkat Provinsi dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2019.

    Penghargaan diserahkan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia (RI) Wimboh Santoso kepada Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rakornas TPAKD dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro (BWM) 2019 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

    Pemprov Jabar menerima penghargaan karena dianggap sebagai daerah yang berupaya mendorong akses keuangan daerah melalui sektor unggulan yang dimiliki daerah.

    Dalam kesempatan itu, Uu berkomitmen bahwa pihaknya akan terus meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat. Hal itu terus dilakukan sebagai langkah menurunkan angka ketimpangan sosial atau rasio gini, salah satunya ketimpangan antara pendesaan dan perkotaan. 

    Kesenjangan tersebut, kata Uu, bisa dikurangi melalui perluasan akses keuangan di daerah. Saat akses keuangan di daerah memiliki jangkauan lebih luas, maka masyarakat berpenghasilan rendah tetap bisa mengakses lembaga keuangan lebih mudah, sehingga ketimpangan bisa menurun.

    Melalui berbagai program yang digulirkan Pemprov Jabar bekerjasama dengan OJK melalui TPAKD, dia berharap masyarakat Jabar, terlebih yang di desa bisa lebih mudah mengakses keuangan yang ada di daerah.

    “Mudah-mudahan melalui Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) ini, akses keuangan yang ada di daerah bisa meninggkat, sehingga masyarakat bisa menikmati produk-produk lembaga keuangan yang sekarang sedang digulirkan,” kata Uu.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img