spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Harley-Davidson Dirut Garuda Barang Langka

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra (Ari Ashkara), menyelundupkan Harley-Davidson bekas yang tergolong langka dan bisa dibilang simpanan kolektor.

    Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta Sahat Manalu menuturkan dari foto yang beredar menunjukkan moge yang diselundupkan merupakan FLH Electra Glide Shovelhead. Kata dia motor ini barang langka dan tidak pernah dijual secara resmi di dalam negeri.

    Sebelumnya, pihak Kementerian Keuangan menyebut motor ini diperkirakan diproduksi 1970-an. Pada era itu belum ada dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia.

    Baca juga: Pemerintah Tolak Keras Pancasila Diperas jadi Trisila

    “Ya itu collector’s item sebetulnya,” kata Sahat, seperti dilansir CNN, Jumat (6/12/2019).

    Shovelhead terakhir diproduksi pada 1984. Setelah itu nama mesin Harley-Davidson beralih menjadi bernama Evolution, Twin Cam, dan saat ini Milwaukee-Eight.

    “Mesin [FLH Electra Glide Shovelhead] di atas 1.000 cc, tapi pasnya saya kurang tau. Soalnya saya itu kan sukanya motor Harley baru yang canggih-canggih,” katanya.

    Sahat tidak bisa memastikan seberapa langka motor itu di dalam negeri, namun dia memperkirakan jumlahnya cuma puluhan unit.

    “Langkanya tidak sampe 50 unit kayaknya. Itu collector’s item,” ucap Sahat.

    Sebelumnya, Ari Ashkara diketahui melakukan tindakan ilegal setelah kedapatan memasukkan satu unit Harley-Davidson dalam bentuk terurai melalui pesawat baru Garuda Indonesia yang terbang dari Prancis. Selain motor terdapat juga sepeda Brompton di dalam pesawat yang total mengangkut 21 penumpang.

    (agung)

    Berita Terbaru

    spot_img