spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Jabar Loloskan 8 Atlet di Babak Semifinal Pencak Silat Pospenas VIII

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pencak Silat, Jawa barat berhasil menempatkan delapan orang pesilatnya di babak semifinal nomor tanding Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VIII cabang olahraga pencak silat. Pada babak perempat final yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (27/11/2019), enam pesilat Jabar berhasil mengalahkan lawan di kelasnya masing-masing.

    Kedelapan pesilat Jabar yang lolos ke babak semifinal nomor tanding diantaranya di di kelas B putri dan akan menghadapi Banten, kelas C putri ditantang Kaltim, kelas F putri melawan Banten, dan kelas G putri menghadapi DI Yogyakarta. Lalu di kelompok putra, Jabar meloloskan atlet pada babak semifinal di kelas A menghadapi Sumatera Utara dan di kelas I menghadapi Kalimantan Selatan.

    Pesilat Jabar yang berhasil melaju ke babak semifinal nomor tanding diantaranya Muh. Maulana Ilyas. Ilyas berhasil mengalahkan pesilat asal Sumut, Fajar Ikhsan Damanik dengan skor tipis 3-2 di babak perempatfinal.

    Baca Juga: Jabar Raih Juara Umum Cabor Pencak Silat Pospenas VIII

    Lalu Fahri Nurazis yang berhasil mengalahkan pesilat Sumatera Selatan, Sulton Abdillah Yusri di babak perempatfinal kelas A putra. Fahri menang telak atas Sulton dengan skor 5-0.

    Kemudian di kelas F putri atas nama Fitriyani. Di babak perempat final, Fitriyani menang atas pesilat Bali, Putri S. Dewi Ayu dengan skor 4-1.

    Koordinator cabang olahraga pencak silat Pospenas VIII tahun 2019, Ferry Hendarsin menuturkan, cabang olahraga pencak silat mempertandingkan sebagai 23 nomor yang terbagi di dua kategori tanding dan TGR. Untuk kategori tanding, dipertandingkan 9 kelas di kelompok putra dan 8 kelas di kelompok putri. Sedangkan untuk kategori seni atau TGR, dipertandingkan 3 kelas di putra dan 3 kelas di putri.

    “Total atlet yang mengikuti sebanyak 374 orang berasal dari 30 provinsi minus Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, dan Sulawesi Utara. Nomor tanding diikuti 274 atlet dan sisanya yakni 100 atlet di nomor seni TGR,” ujar Ferry saat ditemui di sela-sela pertandingan, Rabu (27/11/2019).

    Pertandingan cabang olahraga pencak silat sendiri dimulai sejak Senin (25/11/2019) hingga Jumat (29/11/2019). Pada hari ketiga Rabu (27/11/2019), dipertandingkan babak perempat final untuk semua kelas di nomor tanding.

    “Untuk babak semifinal, akan digelar pada Kamis (28/11/2019) besok. Rencananya, pada Jumat (29/11/2019), pertandingan sudah selesai,” tambahnya.

    Baca Juga: Rajai Kualifikasi, Pencak Silat Jabar Lolos di 17 Kelas PON XX

    Sementara untuk atlet yang berlaga di Pospenas VIII, Ferry yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi IPSI Jabar mengaku jika atlet-atlet elite tidak terpantau ikut berlaga. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan lahir pesilat andalan bagi masing-masing provinsi dan nasional dari ajang Pospenas.

    “Dari pantauan sementara, memang tidak ada atlet elite yang turun di pertandingan Pospenas VIII. Tapi, banyak atlet elite Jabar lahir dari ajang Pospenas yang salah satunya adalah Nirmala,” tegasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img