spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    39 Mayat Warga Vietnam yang Tewas Dalam Truk Dibawa Pulang dari Inggris

    VIETNAM, FOKUSJabar.id: Pemerintah Vietnam segera memulangkan 39 mayat warga mereka yang tewas dalam truk kontainer di kawasan industri Essex, Inggris, sebab seluruh proses identifikasi korban telah rampung.

    Dikutip dari AFP, Rabu (7/11/2019), Kedutaan Besar Vietnam untuk Inggris menyatakan perwakilan pemerintah telah dikirimkan untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat agar dapat memulangkan jasad para korban secepatnya.

    Kepolisian Essex berhasil mengonfirmasi identitas para korban yang terdiri dari 31 pria dan delapan wanita sebagai warga negara Vietnam. Petugas koroner juga telah merampungkan seluruh proses identifikasi para korban serta memberitahukan kepada pihak keluarga.

    Baca Juga : Mantan Presiden IWF Diduga Korupsi dan Tutupi 40 Kasus Doping

    “Ini adalah langkah yang penting dalam investigasi dan memungkinkan kami untuk bekerja sama dengan rekan-rekan kepolisian Vietnam agar bisa mendukung para keluarga korban. Pikiran kami akan tetap bersama dengan para keluarga dan teman-teman dari para korban yang berakhir di wilayah kami,” kata asisten kepala kepolisian Essex, Tim Smith.

    Menteri Keamanan Publik Vietnam mengungkapkan semua korban berasal dari enam provinsi, yaitu Hai Phong, Hai Duong, Nghe An, Ha Tinh, Quang Binh, dan Thua Thien Hue. Enam lokasi itu dikenal sebagai tempat pengumpan untuk bisnis emigrasi ilegal.

    Para perantara bisnis ilegal itu membantu warga untuk pergi ke beberapa negara Eropa dengan harapan bisa sampai ke Inggris. Rute sepanjang benua Eropa diketahui sangat berbahaya terutama saat melakukan tahapan akhir perjalanan ke Inggris.

    Para imigran menuju ke Inggris harus bersembunyi di dalam truk berpendingin yang tidak melalui proses pemeriksaan seketat kendaraan lain.

    Beberapa organisasi dan ahli berpendapat banyak imigran, terutama wanita dan anak-anak di bawah umur, yang menjadi target eksploitasi pekerja selama melakukan perjalanan.

    (agung)

    Berita Terbaru

    spot_img