spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Taekwondo Jabar Segera Dikirim ke Korea Selatan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tim Taekwondo Jabar berencana untuk menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan selama 1,5 bulan.

    Pelaksanaan sentralisasi di negeri ginseng tersebut untuk menggelar latihan sekaligus uji tanding menjadi program ideal mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh.

    Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Barat, Bayu Frimansyah menuturkan, pihaknya berencana menggelar sentralisasi di Korea Selatan mulai 8 November mendatang. Namun, pihaknya masih menunggu kepastian waktu dari pihak KONI Jabar.

    ” Kita gelar sentralisasi di Korea Selatan karena bisa mendapatkan lawan latih tanding yang lebih bagus. Atlet yang akan kita kirim ke Korea Selatan adalah mereka yang memiliki peluang meraih medali emas di PON XX. Jadi tidak semua atlet kita kirim,” ujar Bayu.

    Berdasarkan penilaian pelatih asal Korea Selatan dan tim pelatih, lanjutnya, sebanyak 10 atlet kyorugi (tanding) yang memiliki potensi meraih medali emas dipastikan akan diboyong ke negeri ginseng. Sementara untuk atlet di kategori poomsae (jurus), pihaknya masih menunggu jawaban pasti dari KONI Jabar.

    ” Kita berharap KONI Jabar secepatnya memutuskan terkait kepastian waktu dan atlet poomsae yang bisa berlatih di Korea Selatan. Untuk atlet yang tidak berangkat ke Korea Selatan, akan tetap berlatih di Kota Bandung. Program latihan di Korea Selatan ini untuk meningkatkan serta mememantapkan performa atlet dalam mempertahankan prestasi juara umum di PON XX nanti,” tegasnya.

    Seperti diketahui, tim taekwondo Jabar menunjukkan dominasinya pada babak kualifikasi PON XX cabang olahraga taekwondo yang digelar di Indoor Stadium Sport Center, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat-Minggu (27-29/9/2019) lalu. Jabar berhasil meloloskan seluruh atlet pada 20 kelas yang akan dipertandingkan di PON XX tahun 2020 sekaligus meraih gelar juara umum dengan raihan 14 medali emas dan 6 medali perak dari 20 nomor yang dipertandingkan.

    Sebelumnya di ajang PON XIX tahun 2016, tim taekwondo Jabar pun sukses menjadi juara umum. Tim taekwondo Jabar berhasil meraih 12 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu dari total 20 nomor yang dipertandingkan.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img