spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Dukung Kang Pisman, PCM Sukajadi Luncurkan Bank Sampah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Oded M Danial (Mang Oded) meluncurkan Bank Sampah yang dimiliki Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukajadi di Jalan Sukajadi Kota Bandung, Minggu (18/11/2018).
    Wali Kota Bandung (Foto Ageng)
    Peluncuran Bank Sampah sendiri dilakukan bersamaan dengan upacara peringatan Milad Muhammadiyah ke-106 yang mengangkat tema ” Taawun untuk Negeri.”
    Mang Oded menuturkan, peluncuran Bank Sampah di PCM Sukajadi menjadi bentuk respon positif dari lapisan masyarakat terhadap program pemerintah. Yakni, Gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman). Gerakan Kang Pisman sendiri merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebagai solusi permasalahan sampah di Kota Kembang.
    “Alhamdulillah, hari ini PCM Sukajadi mengadakan acara Milad ke-106 Muhammadiyah sekaligus pencanangan gerakan Kang Pisman dengan membuka Bank Sampah,” ujar Mang Oded saat ditemui usai acara, Minggu (18/11/2018).
    Peluncuran Bank Sampah sebagai bagian dari pencanangan gerakan Kang Pisman, menjadi bukti respon positif berbagai lapisan masyarakat terhadap program pemerintah. Termasuk dari berbagai komunitas masyarakat di Kota Bandung. Salah satunya Muhammadiyah.
    ” Kang Pisman merupakan salah solusi Pemkot Bandung untuk permasalahan sampah. Alhamdulillah, Kang Pisman ini sudah diterima dan direspon positif banyak komunitas termasuk Muhammadiyah dan kami berharap dukungan ini terus hadir dari komunitas lain di Kota Bandung sehingga jadi modal dalam menghadirkan pengolaan sampah yang lebih bersih,” tegasnya.
    Sebelumnya, PD Kebersihan Kota Bandung pun sudah memulai upaya untuk memperluas jangkauan sosialisasi terkait gerakan Kang Pisman ini. Program ini sendiri sama dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang diubah menjadi Kang Pisman agar memiliki nilai kesundaan dan lebih akrab dengan lingkungan masyarakat Kota Bandung.
    “Jadi untuk memperluas jangkauan sosialisasi, tim relawan Balad Kangpisman tengah mengembangkan website dan Whatsapp Center yang akan mulai beroperasi Desember mendatang,” ujar Ketua Tim Relawan Balad Kangpisman sekaligus Direktur Umun PD. Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari Hidayat, beberapa waktu lalu.
    Melalui website itu, Balad Kangpisman akan menampilkan berbagai macam materi sosialisasi dan edukasi. Mulai dari pengertian Kangpisman, tata cara pemilahan dan pengolahan sampah, hingga titik-titik lokasi bank sampah terdekat. Sementara itu WhatsApp Center akan bersifat lebih interaktif sehingga warga bisa mendaftar menjadi Balad Kangpisman melalui aplikasi tersebut sekaligus mendapatkan informasi secara berkala serta berbagai program lain.
    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img