spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    UPI Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa‎ bagi Mendag

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita meraih gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) di bidang Pendidikan Kewirausahaan. Gelar itu diberikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). ‎Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan bidang Pendidikan Kewirausahaan bagi Enggartiasto Lukita dirangkaikan dengan kegiatan Dies Natalis UPI ke-64 dan diberikan langsung Rektor UPI, Prof Asep Kadarohman di Gedung Achmad Sanusi, kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (19/10/2018).

    ‎Gelar Doktor Kehormatan tersebut, diberikan setelah melalui berbagai tahapan sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 65 Tahun 2016 dan Peraturan Senat Akademik UPI Nomor 04/Senat Akd/UPI SK/2016. Yakni tahapan pengusulan, penilaian, pembahasan hasil dan penunjukkan promotor.

    ‎Yang mengusulkan pemberian gelar sendiri yakni Ikatan Keluarga Alumni UPI dan rekomendasi empat guru besar. Yakni Prof. H. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D., Prof. Dr. H. Mohammad Ali, M.Pd., M.A., Prof. Dr. H. Aim Abdulkarim, M.Pd., M.A., dan Prof. Dr. M. Syaom Barliana, M.Pd., MT.

    ‎Usai mendapatkan persetujuan Senat Akademik dan pemberian izin dari Kemenristikdikti, Rektor UPI menunjuk tim promotor untuk melakukan pertimbangan dan penilaian terhadap karya atau jasa serta kepatutan dan kelayakan, menyusun naskah kelayakan secara tertulis, mengarahkan dalam penyusunan naskah ilmiah untuk orasi pada upacara penganugerahan, dan menyampaikan rumusan hasil pertimbangan dan penilaian kepatutan dan kelayakan kepada Rektor.

    ‎”Subtansi hasil pertimbangan dan penilaian, kami sajikan dalam sebuah pertanggungjawaban akademik. Dan berdasarkan berbagai pertimbangan dan penilaian, saudara Enggartiasto Lukita memenuhi kelayakan dan kepatutan untuk mendapatkan gelar Dktor Kehormatan dalam Bidang Pendidikan Kewirausahaan,” ujar Ketua Tim Promotor, Prof. Dr. H. Agus Rahayu, M.P usai menyampaikan pidato pertanggungjawaban akademik, Jumat (19/10/2018).

    Mendag RI, Enggartiasto Lukita bangga dengan penganugerahan gelar tersebut. Sebab, ini  merupakan peristiwa sangat bersejarah dalam kehidupannya. Dengan segala kerendahan hari, dirinya pun mengucapkan terimakasih atas penghargaan dan kepercayaan dari UPI, Rektor, Wakil Rektor, Senat Akademik, serta seluruh sivitas akademika yang berkenan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa di bidang Pendidikan Kewirausahaan.

    ‎”Sebagai mahasiswa yang lebih banyak menghabiskan waktu di jalan dibanding bangku kuliah dan menyandang status mahasiswa selama tujuh tahun, saya sedetik pun tidak pernah terlintas mendapatkan kehormatan gelar akademis tertinggi seperti ini. Pengakuan ini mengingatkan saya untuk selalu rendah hati dan memegang teguh prinsip jika belajar adalah proses berkelanjutan yang tiada henti,” ujar Enggartiasto.

    ‎Enggartiasto Lukita merupakan mahasiswa S1 IKIP Bandung, jurusan Pendidikan Sastra Inggris dan lulus pada tahun 1977. Sejak lulus dari IKIP Bandung, Enggartiasto bergabung dengan PT Bangun Tjipta Sarana, Jakarta hingga tahun 1986 dengan jabatan terakhir sebagai Manager.

    Selain itu, suami dari ‎Dra. Peggy Lukita ini pun menjabat berbagai posisi penting di berbagai perusahaan mulai dari Direktur sampai dengan Komisaris Utama. Tak hanya itu, ayah dari Rina Anandita dan Rinaldy Ananda ini pun aktif di berbagai organisasi mulai dari organisasi pengusaha nasional dan internasional hingga organisasi kemasyarakatan, organisasi politik dan pemerintahan.

    Pria kelahiran Cirebon, 12 Oktober 1951 ini pun didapuk sebagai Ketua Umum IKA UPI sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Sempat menjadi anggota MPR RI (1997-1999) dan anggota DPR RI tiga periode sejak 2004 sampai 2013, Enggartiasto pun diberikan amanat menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI sejak tahun 2016.

    (ageng/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img