spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Umroh Jadi Penanda Bandara Kertajati Layanani Penerbangan Internasional 

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka akan membuka layanan penerbangan internasional perdana, Sabtu (13/10/2018) mendatang. Rute Kertajati – Madinah akan mengangkut jamaah asal Jawa Barat dan Jawa Tengah.
    ” Dengan bahagia, tanggal 13 nanti akan ada penerbangan yang ditunggu-tunggu. Karena akan ada penerbangan pangsa yang luar biasa,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) dalam acara Jawa Barat Punya Informasi (Japri) yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/10/2018).
    Layanan penerbangan internasional tersebut akan menjadi penanda baik ke depannya bagi bandara yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo, 24 Mei 2018. Jawa Barat dengan populasi jumlah penduduk terbanyak di Indonesia memiliki sekitar 41 juta umat muslim (97 persen).
    Bandara Kertajati yang berletak strategis karena berada di tengah kawasan berkembang Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) memiliki pangsa pasar umroh yang cukup basar setiap tahunnya.
    Merunut data Ministry of Hajj and Ummrah Saudi Arabia, potensi masyarakat untuk berangkat Umrah setiap tahun di kawasan Ciayumajakuning pada 2015 (117.469 jamaah), 2016 (118.218 jamaah) dan 2017 (140.153 jamaah).
    “Jadi, muslim di Jawa Barat ini bagus. Terbang direct flight dari Kertajati ke Madinah. Mudah-mudahan ini terus bisa menambah flight lainnya yang ada di BIJB,” ucapnya.
    Emil mengajak masyarakat Jawa Barat yang ingin melaksanakan ‘wisata religiusnya’ dengan bandara Kertajati. Pasalnya, Bandara ini bisa menjadi opsi setelah Bandara Soekarno-Hatta yang semakin padat melayani penerbangan menuju Madinah, khususnya umrah.
    (Bam’s) 

    Berita Terbaru

    spot_img