spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Seleksi Kompetisi Nasional, Puspa Iptek Sundial Gelar Lomba Roket Air

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Puspa Iptek Sundial Joko Santoso menyebut bahwa kompetisi roket air yang digelar Puspa Iptek Sundial adalah bagian seleksi peserta untuk tingkat nasional.

    “Ini sudah kompetisi ke 8 di Jabar. Dan setiap tahun semakin bertambah. Namun karena kapasitas dan fasilitas terbatas, tahun ini kami batasi hanya 266 dari 56 sekolah,” kata Joko di Puspa Iptek Sundial, Kota Baru Parahyangan, Sabtu (8/9/2018).

    Sebelumnya peserta mencapai 370 orang dari 70 sekolah, namun saat ini dibatasi demi efisiensi tempat dan kenyamanan saat belajar.

    “Ini kami tujukan untuk mengenalkan teknologi dengan metode yang menyenangkan. Peserta ini mulai usia 12 hingga 16 tahun,” kata dia.

    Dari kompetisi tersebut akan diambil 10 orang perwakilan untuk dikirim di kompetisi tingkat nasional.

    Pada prosesnya, peserta roket air ini mempelajari sejumlah sains, mulai dari fisika, kimia, bahkan ada biologi, enginering, hingga matematika.

    Karena semua topik ada di rocket air, mulai mendesain hingga melontar roket ke satu titik yang memerlukan penghitungan matematika.

    “Kompetisi ini digelar dua hari, karena tidak semua sekolah memiliki eskul yang berhubungan dengan roket air ini,” jelas dia.

    Dari kompetisi tersebut, Joko menyebut, setiap tahun selalu ada perwakilan yang masuk di tingkat nasional, bahkan beberapa kali ikut tingkat internasional.

    BACA JUGA:

    Pj Gubernur Jabar Keluarkan Surat Edaran Study Tour

    ” Rocket air ini dasarnya sekaligus replika dari roket yang sebenarnya. Artinya saat mereka belajar roket air, mereka juga sudah mempelajari roket sebenarmya,” jelas dia.

    Lebih lanjut Joko berharap minat anak ke sains semakin tinggi seiring kompetisi roket air diselenggarakan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img