spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati Hari Antariksa Nasional, Lapan Ajak Masyarakat Lihat Angkasa

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar acara teropongan bintang di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (6/8/2018).

    Acara yang melibatkan masyarakat itu digelar untuk memeringati Hari Antariksa Nasional sesuai Undang-undang No 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan yang jatuh setiap tanggal 6 Agustus.

    Masyarakat antusias menyaksikan acara yang digelar Lapan di Gedung Sate Bandung 6 Agustus 2018 (foto Ibenk)
    Masyarakat antusias menyaksikan acara yang digelar Lapan di Gedung Sate Bandung 6 Agustus 2018 (foto Ibenk)

    “Kami ingin mengedukasi masyarakat dengan mengajak secara langsung untuk melihat hamparan antariksa. Kami pun membuat kubah planetarium mini untuk pemutaran film tentang antariksa,” kata panitia acara dari Lapan, Agustinus Gunawan Admiranto.

    Publik sangat antusias, mereka hadir langsung ke Gedung Sate. Banyak orangtua membawa anak-anaknya untuk mengikuti beberapa acara yang digelar LAPAN mulai dari  pemutaran film tentang antariksa di planetarium mini dan penunjukkan beberapa wujud planet lewat teleskop yang dilakukan secara bergantian.

    Menurut Gunawan, acara itu sekaligus kampanye Malam Langit Gelap. Lapan meminta semua pihak untuk mendukung kampanye itu dengan cara mematikan lampu luar selama satu jam mulai dari pukul 20.00-21.00 WIB.

    “Selain untuk meminimalisasi polusi cahaya, kita juga mengajak masyarakat menyaksikan benda-benda langit dengan lebih jelas,” katanya.

    (Ibenk/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img