spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Antusiasme Tinggi Pemilih di Pilgub Jabar 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 diprediksi akan diikuti masyarakat dengan antusiasme tinggi. Dalam Pilkada kali ini, 31,7 juta orang dinyatakan sah sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

    Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM), Bin Firman Tresnadi menjelaskan, hasil survei yang dijalankan pada Senin 2 April sampai dengan 15 April 2018, 81,2 persen responden mengetahui akan Pilgub Jabar 2018.

    ” Respon masyarakat terhadap Pilgub 2018 cukup tinggi. Ini terbukti dengan tingkat antusiasme cukup besar sebanyak 41,2 persen dan 31,5 persen mengatakan biasa saja. Sisanya 27,3 persen mengatakan tidak peduli,” ujar Firman dalam keterangan persnya, Rabu (25/4/2018).

    Dengan kondisi tersebut, stimulus politik baik dari Pasangan Calon (Paslon) dalam setiap kampanye maupun arahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan progres positif.

    BACA JUGA: DPRD Jabar Apresiasi Partisipasi Masyarakat di Pilgub Jabar 2018

    ” Pengetahuan responden atas pelaksanaan Pilgub 2018 ini sebanyak 81,2 persen responden mengetahui akan adanya Pemilihan Gubernur dan sisanya sebanyak 18,8 persen tidak mengetahui,” katanya.

    Survei tersebut dilakukan terhadap 2,178 responden dengan metode Multistage Random Sampling dengan margin of error 2,1 persen dan menghasilkan tingkat kepercayaan survei 95 persen di daerah Pantura, Priangan dan Pamalayon.

    Tiga daerah yang dijadikan objek survei yaitu Pantura meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan dengan persentase responden 21,3 persen.

    Sedangkan Periangan meliputi Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Pangandaran dengan persentase responden 51,8 persen.

    Untuk Pamalayon di antaranya, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi dengan persentase responden 26,9 persen.

    (Adie/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img