spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Anggota DPR RI dari PKS Ingatkan Pentingnya Berdemokrasi

    TASIKMALAYA,FOKUSjabar.co.id: Anggota DPR RI asal Dapil Kota/Kab Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut Toriq Hidayat Lc mengingatkan pentingan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan menjalankan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat akan membuat setiap warga negara bertanggungjawab dalam menjaga keutuhan negara dan bangsa.

    Hal itu diungkapkan Toriq dalam acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Tasikmalaya, Selasa (24-4). Menurut toriq, Sistem negara demokrasi menjadikan warga masyarakat memiliki tanggung jawab dalam ikut serta berperan dalam penentuan kebijakan pemerintah.

    “Indonesia adalah negara terbesar ketiga yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi. Adalah Demokrasi dianggap sebagai sistem pemerintahan yang baik, karena dengan demokrasi akan tercipta keharmonisan antara pemerintahan dan juga masyarakat warga negara. Sistem demokrasi yang baik akan selalu menurutsertakan warga negara dalam menentukan setiap kebijakan.” Kata Toriq, yang juga anggota Komisi X DPR RI.

    BACA JUGA:

    Dukung Generasi Emas 2045, bank bjb Saluran Peralatan Sekolah

    Negara yang menjalankan pemerintahannya dengan sistem demokrasi, kata Toriq, menjamin hak-hak dasar warga negara. Penjaminan hak dasar ini dilakukan dengan terbuka sebagai cara untuk mengungkap serta mengatasi adanya masalah sosial yang belum terwujud. Kebebasan inilah yang dapat mewujudkan keterbukaan yang nantinya menjamin hak-hak dasar.

    Sistem negara demokratis juga diyakini mengedepankan kepentingan karena Kekuasaan tertinggi negara demokrasi dimiliki oleh rakyat. Dan rakyat, dapat berperan aktif dalam menentukan arah kebijakan. Contohnya, saat pembahasan APBN, prosesnya berlangsung mulai dari tingkat desa sampai tingkat pusat.

    “Dalam setiap proses pembahasan APBN dan APBD, masyarakat dilibatkan untuk menyampaikan aspirasinya lewat musrenbang., pungkas Toriq.

    (DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img